Berburu Kopi dan Madu Lokal di Festival Panen Raya Nusantara 2017

Kompas.com - 14/10/2017, 21:04 WIB
Biji kopi dampit yang sudah dikeringkan. Kompas.com/ Andi HartikBiji kopi dampit yang sudah dikeringkan.
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.comFestival Panen Raya Nusantara (PARARA) 2017 kembali dihelat di Taman Menteng, Jakarta Pusat. Beragam produk nusantara dari pelosok Indonesia siap meramaikan kunjungan Anda ke festival ini.

Indonesia itu kaya. Tak heran jika produk alam yang dihasilkan di Indonesia sangatlah berlimpah. Madu dan kopi menjadi dua dari sekian produk alam unggulan yang dihasilkan di tanah Indonesia.

Kopi merupakan salah satu komoditas terbesar di Indonesia. Tak kalah dengan produk luar negeri, ternyata kopi-kopi di Indonesia pantas bersaing dengan kopi asing.

“Minum kopi di Indonesia sudah menjadi gaya hidup. Maka dari itu perlunya mendorong dari  hulu untuk bisa memproduksi kopi yang lebih banyak dan baik. Banyak gerai kopi lokal mengeluh kurangnya supply kopi-kopi enak di Indonesia karena terlalu banyak yang diekspor. Dari Lintong, Toraja, Bali sampai Wamena, kopi-kopi semakin jarang,” tutur Triawan Munaf selaku Kepala Badan Ekonomi Kreatif ( BEKRAF) saat ditemui di acara Opening Ceremony di Taman Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (13/10/2017).

BACA: Perusahaan Asal Turki Tertarik Membeli Kopi Gayo

Triawan juga menekankan bahwa kopi-kopi lokal Indonesia sangat berpotensi bersaing dengan brand-brand kopi asing.

Kopi-kopi yang dijual di Festival PARARA pun beragam, mulai dari kopi Serampas dari Sumatera hingga Seko Robusta dari Sulawesi tersaji. Harganya pun bervariasi, tergantung dari jenis kopi yang Anda beli.

Selain kopi, di PARARA Anda juga bisa menemukan gerai yang menjual madu hutan. Mulai dari Madu Kalimantan, Madu Sumatra, hingga Madu Sumbawa dijual di festival ini. Harganya sendiri berkisar Rp 150.000 untuk 500 gram madu hutan murni.

Tak usah takut ketinggalan, Festival Panen Raya Nusantara akan berlangsung hingga tanggal 15 Oktober 2015 di Taman Menteng, Jakarta Pusat. Acara ini akan dimulai pada pukul 07.00 WIB dan diramaikan dengan serangkaian acara musik, pertunjukan khas budaya, hingga beragam produk dan makanan Nusantara. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X