Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjadi "Heaven of Asia", Kabupaten Batang Andalkan Pantai dan Gunung

Kompas.com - 16/10/2017, 06:10 WIB
Ari Himawan Sarono,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

BATANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, siap menawarkan potensi gunung dan pantai kepada wisatawan sebagai upaya mendukung program "Visit Batang 2022" dan "Heaven of Asia".

"Kita miliki potensi obyek wisata alam yang tidak dimiliki daerah lain. Kita punya gunung dan laut yang luar biasa dan layak kita tawarkan untuk kita jual sebagai tempat kunjungan wisatawan," kata Wihaji saat mengunjungi Pantai Sigandu, Sabtu (14/10/2017).

(BACA: Ragam Kuliner Khas di Rest Area Tol Darurat Pemalang-Batang)

Menurut Wihaji, sebenarnya banyak potensi unggulan yang dimiliki Kabupaten Batang, seperti kerajinan batik maupun kuliner seperti lontong lemprak dan ekonomi kreatif lainya sebagai khasnya Batang.

"Kita tawarkan obyek wisata gunung dan laut sebagai tempat tujuan wisatawan kuliner, hiburan, kerajinan. Yang jelas, kita akan tawarkan kepada pengunjung dengan slogan 'palugada' yaitu 'apa lu mau gua ada'," katanya.

Bupati Batang memaparkan, saat ini pemkab sedang berusaha melakukan penataan infrastruktur dan pembangunan hotel bintang 3 dan 4 sebagai upaya mendukung program "Visit Batang 2022" dan "Heaven of Asia".

Pemkab, sudah melakukan pendekatan dengan para pemilik modal untuk membangun hotel bintan 3 dan 4 di kawasan PT Pagilaran, Kecamatan Blado karena di kawasan itu berdekatan dengan banyak potensi wisata andalan, seperti Si Kembang Park dan Curug Sirawe.

"Selain itu, kami juga akan menumbuhkembangkan ekonomi kreatif pada masyarakat. Rencananya akami akan melatih sekitar 700 warga untuk dilatih untuk mendukung kemajuan pariwisata daerah," kata Wihaji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com