Pedas Menggoda Bakso Item Kebo-keboan di Banyuwangi

Kompas.com - 16/10/2017, 21:04 WIB
Bakso hitam Kebo Keboan di Kedai Bakso Osing Banyuwangi KOMPAS.COM/Ira RachmawatiBakso hitam Kebo Keboan di Kedai Bakso Osing Banyuwangi
|
EditorSri Anindiati Nursastri

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Ada salah satu kedai bakso yang wajib dikunjungi jika bertandang ke Banyuwangi, yaitu Kedai Bakso Osing. Di kedai bakso yang berada di Jajag Banyuwangi ini tersedia beberapa varian bakso. Namun untuk yang suka pedas, Anda harus mencoba bakso kebo-keboan yang berwarna hitam dan bakso kobong.

Untuk kuah bakso ada dua pilihan, yaitu kuah original bening dan gurih. Jika ingin lebih menantang lagi, pilih kuah lombok lithik yang berwarna merah. Berasal dari cabai rawit yang super pedas.

Anis Setyowati, pemilik Kedai Bakso Osing kepada Kompas.com menjelaskan warna hitam pada bakso kebo-keboan didapatkan dari arang bambu jepang sehingga aman untuk dikonsumsi. Di dalam bakso kebo-keboan juga diisi pasta cabai yang dicampur dengan cacahan urat daging sapi.

"Biar mantap, adonan bakso kebo-keboan juga dicampur dengan cabai yang dihaluskan. Jadi dagingnya, dalamnya dan juga kuahnya pedas semua. Tapi kalau mau kuahnya yang original juga nggak apa-apa," jelas ibu dua anak tersebut.

BACA: Seblang, Ritual Tari Mistis Berusia Ratusan Tahun di Banyuwangi

Ada lagi varian bakso lain yang patut dicoba, yaitu Bakso Slodok. Ini adalah iga sapi yang dibalut dengan daging bakso. Bakso yang berukuran jumbo ini sangat terasa sekali dagingnya, apalagi daging sapi yang menempel di iga membuat rasa slodok menjadi istimewa.

"Daging dan iga yang kita gunakan adalah pilihan. Rata-rata dalam satu hari kita habiskan 25 daging dan 16 kilogram cabai rawit.Tapi saat akhir pekan atau hari libur jumlahnya bisa bertambah," jelas Anis.

Bakso hitam Kebo Keboan di Kedai Bakso Osing BanyuwangiKOMPAS.COM/Ira Rachmawati Bakso hitam Kebo Keboan di Kedai Bakso Osing Banyuwangi

Buat yang tidak suka pedas, pelanggan bisa memilih bakso varian lainnya ada yang original atau yang isi keju. Total ada sembilan varian bakso yang ada di kedai yang berada di Jalan Ahmad Yani No 30, Jajag, Banyuwangi.

Harganya berkisar Rp 2.000 hingga Rp 30.000 per porsi. Sementara untuk sayur dan mie digratiskan, sehingga pengunjung bisa mengambil sepuasnya.

BACA: Menpar Takjub, Warga Desa Kemiren Banyuwangi Serius Kelola Homestay

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X