Venesia Belum Tenggelam...

Kompas.com - 18/10/2017, 08:14 WIB
Kota Venesia di Italia. NOVA DIENKota Venesia di Italia.
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Venesia yang cantik terancam tenggelam. Begitulah kabar yang beredar sejak sepuluh tahun yang lalu ketika kali pertama saya mengunjungi kota air di Italia ini.

Venice dalam bahasa Inggris atau Venetia dalam bahasa Latin terus terbenam dengan kecepatan 6 cm setiap 10 tahun.

Peneliti percaya, bila tidak ada usaha untuk menyelamatkannya, Venesia bisa tenggelam pada tahun 2100. Karena itulah, pemerintah Italia berupaya keras merampungkan program antisipasinya pada tahun 2011.

(BACA: Sarapan Siang ala Bavarian di Munich, Jerman)

Ingin membuktikan keadaan Venesia sekarang dibanding tahun 2007 saya bersama Welah menyempatkan waktu liburan kami di Eropa musim panas lalu untuk mengunjungi 'kota nyaris tenggelam' ini untuk kedua kalinya.

Kota Venesia di Italia.NOVA DIEN Kota Venesia di Italia.
Perjalanan dari Salzburg, Austria menuju Venesia memakan waktu sekitar enam jam dengan kereta Eurail.

(BACA: 7 Tips Berlibur Keliling Eropa dan Persiapannya)

Walaupun destinasi ini termasuk dalam paket tiket kami, namun ada tambahan wajib reservasi dengan biaya sebesar 8 Euro per orang karena Salzburg-Venesia dikenal dengan jalur ramai.

Untungnya kami sudah memesan tempat duduk. Begitu masuk, kereta sudah penuh. Walau sudah memesan dua kursi, namun kami melihat hanya tinggal satu kursi kosong. Loh kok? Ternyata ada orang yang sudah ‘ngetem’ di situ.

Sempat bersitegang beberapa menit karena penumpang tersebut tak bersedia pindah, padahal ia tak memiliki tiket reservasi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X