Lewat Karnaval, Tasikmalaya Siap Menuju Destinasi Industri Kreatif

Kompas.com - 18/10/2017, 13:48 WIB
Tasikmalaya October Festival (TOF) 2017, Minggu (15/10/2017). ARSIP KEMENPARTasikmalaya October Festival (TOF) 2017, Minggu (15/10/2017).
EditorI Made Asdhiana

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Gelaran karnaval budaya menjadi sajian pembuka ajang Tasikmalaya October Festival (TOF) 2017, Minggu (15/10/2017).

Antusiasme masyarakat yang begitu tinggi menyaksikan suguhan ragam seni budaya dan kerajinan khas lokal menandakan Tasikmalaya siap menjadi destinasi wisata berbasis industri kreatif.

Sejak pukul 06.00 masyarakat kota Tasikmalaya sudah menyemut di titik start karnaval di samping kantor Disporabudpar Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Jumlah warga dan wisatawan terus bertambah seiring pembukaan TOF 2017 dan pelaksanaan karnaval pada pukul 08.00 WIB.

(BACA: Tasikmalaya Didorong Menjadi Kota Kuliner Halal)

Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman mengatakan, TOF 2017 merupakan bagian dari rangkaian dalam menyambut HUT Kota Tasikmalaya yang tahun ini memasuki usia 16 tahun.

"Ini pesta masyarakat Tasikmalaya, yang menjadi kebahagiaan kita semua masyarakat Tasik," ujar Budi Budiman saat sambutan pembukaannya sebagaimana siaran pers Kemenpar, Senin (16/10/2017).

(BACA: Menpar: Buat Paket Wisata Naik Kereta ke Tasikmalaya, Pasti Laku)

Ia mengatakan TOF merupakan bagian dari kalender pariwisata Tasikmalaya. Terdapat banyak kegiatan di dalamnya, mulai dari karnaval, festival kuliner juga seminar internasional.

Tasikmalaya October Festival (TOF) 2017, Minggu (15/10/2017).ARSIP KEMENPAR Tasikmalaya October Festival (TOF) 2017, Minggu (15/10/2017).
"Dalam karnaval ini kita suguhkan apa yang menjadi kekuatan Tasikmalaya sebagai kota industri kreatif, di mana industri kreatif ini akan kita dorong menjadi pusat destinasi wisata produk kreatif di Jawa Barat selatan," ujarnya.

Industri kreatif di Tasik memang sudah banyak dikenal. Di antaranya seperti Batik, Mendong, dan Bordir, termasuk Kelom Geulis dan Payung Geulis.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X