Kompas.com - 19/10/2017, 20:05 WIB
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran cokelat Chocotober Fest hadir di Mal Taman Anggrek, Jakarta, pada 19-22 Oktober 2017. Pameran yang diinisasi oleh produsen cokelat asal Indonesia, Tulip, ini merupakan rangkaian dari Hari Cokelat Nasional yang jatuh pada 16 Oktober.

"Kita tahu konsumsi cokelat di Indonesia itu sangat rendah, kurang dari satu kilogram per tahun (untuk satu orang). Dibandingkan Malaysia yang tiga kilogram, Singapura empat kilogram," kata Tulip Chocolate Ambassador, Louis Tanuhadi saat diwawancara KompasTravel di acara pembukaan Chocotober Fest, Mal Taman Anggrek, Jakarta, Kamis (19/10/2017).

BACA: Fakta Menarik Konsumsi Cokelat bagi Orang Indonesia

Padahal Indonesia merupakan penghasil bahan baku cokelat yakni kakao terbesar ketiga di dunia. Menurut Louis, masih banyak orang Indonesia yang memiliki persepsi jika cokelat tidak sehat juga mahal.

"Dari pameran ini kita ingin membantu pemerintah menggaungkan cokelat. Kita harapkan konsumsi cokelat naik, pertumbuhan ekonomi juga berdampak," ujar Louis.

Foto mengenai alur kakao menjadi cokelat di Chocotober Fest.Kompas.com/Silvita Agmasari Foto mengenai alur kakao menjadi cokelat di Chocotober Fest.

Dengan konsep edukasi dan hiburan, Chocotober Fest berusaha memperkenalkan produk cokelat lokal Indonesia kepada masyarakat. Berbagai booth dari merek cokelat lokal seperti Tulip, Ceres, SilverQueen, Chocodot, dan Cokelatin hadir di pameran yang bertempat di Atrium Mal Taman Anggrek. Tak ketinggalan, ada booth UKM produk olahan cokelat dan peralatan memasak cokelat yang meramaikan Chocotober Fest.

BACA: Jenis Baru Cokelat, Warna Pink dengan Rasa Berry

Pengunjung tak hanya dapat membeli cokelat, melainkan juga dapat belajar mengenai sejarah cokelat, membuat produk cokelat untuk anak-anak, mencicipi cokelat gratis, ikut serta kelas talk show, serta melihat pertunjukkan peragaan busana dari cokelat.

Dua objek yang paling menarik adalah replika patung Selamat Datang terbuat dari cokelat dengan tinggi tiga meter dan air mancur cokelat setinggi 3,5 meter. Chocotober Fest juga mengadakan kompetisi memasak produk cokelat bagi para siswa Sekolah Menengah Kejuruan.

Tidak dipungut biaya untuk menghadiri Chocotober Fest. Waktu pameran mengikuti jam operasional mal, mulai pukul 10.00-22.00 WIB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.