Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mampir ke Semarang, Yuk Cicipi 4 Gerai Soto Ini!

Kompas.com - 21/10/2017, 09:07 WIB
WIENDA PUTRI NOVIANTY

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.comSoto sudah menjadi identitas setiap kota. Pasalnya, setiap pelosok daerah di Indonesia tentu memiliki soto khasnya masing-masing. Soto Kudus, Soto Betawi, Soto Lamongan, Soto Padang dan masih banyak lagi.

Namun jika Anda berkunjung ke Semarang, Jawa Tengah, soto khas Semarang tentu berbeda dengan soto-soto lainnya. Umumnya soto khas Semarang identik dengan kuah kaldunya yang bening dan lengkap disantap dengan hidangan pendamping seperti sate-satean.

(BACA: Baca juga : Soto Ayam Sudah Biasa, Cicipi Soto Bebek Bu Siswo Khas Klaten)

Bagi Anda yang berkesempatan bermain ke kota Semarang, berikut Kompastravel himpun beberapa gerai soto yang wajib Anda kunjungi jika mampir ke kota yang satu ini:

1. Soto Ayam Dargo Pak Wito

Soto khas Semarang yang satu ini memiliki kuah yang bening dan aroma rempah yang khas. Untuk isian soto, terdapat nasi, soun, kecambah atau tauge, potongan ayam, daun bawang ditambah taburan bawang merah dan bawang putih goreng.

(BACA: Baca juga : Sarapan di Soto Legendaris Yogyakarta, Soto Pak Marto)

Porsi yang disajikan tidak terlalu besar seperti soto pada umumnya. Namun untuk rasa tidak perlu ditanya, karena soto khas Semarang ini terasa begitu gurih dan lezat dengan berbagai isian di dalamnya.

Soto Ayam Dargo Pak Wito menyajikan soto khas Semarang. Terdapat total 9 cabang yang tersebar di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (3/5/2017). Cabang yang tertua berada di Jalan Hasanudin Raya.KOMPAS.COM/ALEK KURNIAWAN Soto Ayam Dargo Pak Wito menyajikan soto khas Semarang. Terdapat total 9 cabang yang tersebar di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (3/5/2017). Cabang yang tertua berada di Jalan Hasanudin Raya.
Untuk menambah selera, disediakan juga berbagai sate dan gorengan untuk menemani santap soto, ada sate ayam, sate telur puyuh, sate kerang, bakwan jagung, telur ayam, tahu, tempe, dan lain sebagainya.

Bila Anda berkunjung ke Semarang, sempatkan untuk mencicipi soto khas Semarang ini. Untuk satu porsi seharga Rp 10.000. Adapun untuk gorengan masing-masing Rp 1.000 dan berbagai sate mulai dari Rp 6.000.

Soto Ayam Dargo Pak Wito seluruhnya memiliki 9 cabang di Semarang, yang terbesar dan tertua ada di Jalan Hasanudin Raya, Semarang

2. Soto Bangkong

Soto bangkong, begitu orang Semarang lebih mengenal masakan yang dijual Sholeh Soekarno tersebut. Usaha soto bangkong yang dirintis sejak tahun 1950 itu menjadi salah satu tujuan wisatawan yang berkunjung ke Semarang.

Soto ini terkenal dengan penyajiannya dalam mangkuk kecil. Untuk isiannya, soto ayam olahan Sholeh berisi nasi, mi soun, tauge, irisan tomat, suiran daging ayam, hingga taburan seledri dan bawang goreng.

Soto Bangkong khas Semarang semakin nikmat saat disantap dengan lauk pencamping, seperti sate telur dan sate kerang.TRIBUN JATENG/MUHAMAD ALFI Soto Bangkong khas Semarang semakin nikmat saat disantap dengan lauk pencamping, seperti sate telur dan sate kerang.
Soto Bangkong, yang terletak di samping kantor pos pojok perempatan Jalan MT Haryono dan Jalan Ahmad Yani.

"Soto Ayam dan Ayam Goreng samping Kantor Pos Bangkong," begitu tulisan yang tergantung di sebuah bangunan yang terletak di Jalan Brigjen Katamso Nomor 1, Kota Semarang.

3. Soto Ayam Pak Muri

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com