Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenpar Undang 40 Dubes Famtrip Golf di Batam dan Bintan

Kompas.com - 21/10/2017, 17:41 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

BATAM, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus menggenjot kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Batam dan Bintan. Kali ini Kemenpar bekerja sama dengan KBRI Singapura menggelar Famtrip The Ambassador & Diplomatic Tour yang diikuti diplomat dari negara-negara sahabat di Singapura dan Jakarta.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar I Gde Pitana mengatakan potensi Indonesia yang memiliki banyak lapangan golf bertaraf internasional yang tersebar di berbagai wilayah.

(Baca juga : Ini Hotel Aston Terbaru di Batam)

Dipilihnya Bintan dan Batam sebagai lokasi pelaksanaan dengan pertimbangan lokasinya yang strategis dan memiliki beberapa lapangan dengan standar internasional.

"Kegiatan ini diikuti oleh 40 duta besar dan diplomat dari berbagai negara, sehingga kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk menjalin dan mempererat hubungan kenegaraan antar negara," kata Pitana di Kepulauan Bintan, Jumat (20/10/2017) malam.

(Baca juga : Warga Singapura Tertarik Berwisata ke Batam dan Bintan)

Pitana memaparkan, Famtrip The Ambassador & Diplomatic Tour ini selain sebagai sarana atau peluang untuk mempromosikan pariwisata Indonesia kepada pasar mancanegara, khususnya untuk wisata golf, juga mempromosikan Bintan dan Batam sebagai destinasi wisata yang aman.

"Para Duta Besar sebagai perwakilan suatu negara dapat menjadi agen dalam mempromosikan Pariwisata Indonesia di negaranya masing-masing. sekaligus mempromosikan peluang investasi di kawasan Kepri," kata Pitana.

(Baca juga : Berlibur Satu Hari di Club Med Bintan, Coba Ragam Aktivitas Ini)

Adapun peserta yang mengikuti Famtrip The Ambassador & Diplomatic Tour ini antara lain duta besar yang berdomisili di Singapura termasuk duta besar RI untuk Singapura, duta besar yang berdomisili di Jakarta termasuk Wakil Menteri Luar Negeri, pejabat Kepri, dan pejabat KBRI Singapura.

Tering Bay Golf & Country Club di Batam, Provinsi Kepulauan Riau. BARRY KUSUMA Tering Bay Golf & Country Club di Batam, Provinsi Kepulauan Riau.
Sementara para duta besar yang ikut serta di antaranya duta besar yang ada di Kazakhstan, Austria, Rumania, Serbia, Ukraina, Brunei, Uzbekistan, Finlandia, Azerbaijan, Oman, Slovekia, Argentina, Brazil, Portugal, Peru, Filipina, Jerman, Rwanda, Swedia dan Timor Leste.

"Para Duta Besar bermain golf di Bintan Lagoon Resort (Bintan Lagoon Golf Club), Turi Beach Resort, Palm Spring Golf & Country Club, dan juga mengunjungi Nongsa Digital Park. Mereka telah diundang Kemenlu dan KBRI Singapura bagi para Dubes JAGA dan SAGA members, dan tidak menutup kemungkinan juga bagi Dubes yang merupakan non-members," katanya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menegaskan, Batam dan Bintan yang berada di Provinsi Kepri, adalah lokasi yang paling dekat dengan Singapura. Tempat bermukimnya 3,5 juta warga Singapura, 1,5 juta pekerja asing di Singapura atau lebih dikenal dengan ekspatriat.

"Famtrip golf itu adalah salah satu cara untuk memperkenalkan wisata golf Indonesia ke dunia. Golf memang cara yang pas untuk menarik wisman sport tourism dari Singapura. Toh ke Batam-Bintan juga hanya 1 jam dari Singapura," kata Arief Yahya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com