Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Pekan di Yogyakarta, Wajib Coba 5 Mi Ayam Ini

Kompas.com - 22/10/2017, 13:04 WIB
WIENDA PUTRI NOVIANTY

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Rasanya hampir semua orang gemar menyantap mi ayam, karena memang mudah ditemukan dan porsinya yang mengenyangkan. Daging cincang yang ditabur di atas mi ayam tentu membuat mulut Anda tak bisa berhenti mengunyah.

Di Yogyakarta, ternyata banyak gerai mi ayam yang terkenal kelezatannya. Bisa jadi opsi mengisi perut bila Anda bosan dengan gudeg, atau makanan lainnya khas Yogyakarta.

1. Mi Ayam Tumini

Berlokasi di Jalan Imogiri Timur Nomor 187 Umbul Harjo (tepat di utara pintu masuk Terminal Giwangan), mi ayam Tumini menjadi salah satu gerai makanan yang terkenal di Jogja.

Warung ini telah berdiri sejak awal 1990-an. Kuah kentalnya yang gurih membuat mi ayam Bu Tumini ini diminati banyak wisatawan. Kuah kaldunya yang kental dan gurih ternyata dihasilkan dari proses pemasakan ayam yang dipakai sebagai topping mi. Untuk porsi, mi ayam ini terbilang memiliki porsi yang cukup besar.

Baca juga : Mi Ayam Tumini Terjual 700 Mangkok Per Hari, Apa Istimewanya?

Kuah dengan cita rasa gurih manis dicampur dengan mi-nya yang kenyal melengkapi sensasi Anda saat mencicipi mi ayam satu ini. Tak lupa, tambahkan sambal untuk menambah sensasi pedas.

Mi ayam Tumini menyediakan beberapa pilihan mi ayam, yakni mi ayam ceker, mi ayam jumbo, mi ayam ekstra ayam, ada juga pilihan sawi ayam.

2. Mie Ayam Depan Hotel Santika

Sesuai namanya, warung mi ayam ini berlokasi di depan Hotel Santika di bilangan Jalan Jenderal Sudirman. Warung ini hanya menempati trotoar serta tenda sederhana sebagai tempat berjualan, namun kualitas dan rasanya tak kalah dengan rasa-rasa mie ayam di restoran. Tak heran gerai mi ayam ini mampu bertahan sejak tahun 1990.

Seporsi mi ayam dengan mi berukuran kecil disajikan bersama daging cincang ayam di atasnya. Kuah dan pangsit basahpun tersedia dengan mangkuk yang berbeda.

Baca juga : Makan Mi Ayam di Belanda? Bisa!

Untuk rasa, tak usah diragukan. Tekstur mi yang lembut dan rasa yang gurih akan Anda rasakan saat mencicip suapan pertama. Cincangan daging ayam sebagai topping tidak kalah gurih dan cenderung sedikit manis.

Tekstur pangsit basahnya pun tak kalah lembut saat digigit. Dalam setiap porsi mi ayam pangsit, pengunjung akan mendapatkan dua buah pangsit basah dengan kuah yang sedikit berminyak dan gurih.

Gerai ini buka setiap hari dari pukul 16.00 hingga 22.00 WIB. Untuk varian mi ayam, tersedia mi ayam biasa dan mi ayam pangsit. Kedua mi ayam tersebut dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau yakni Rp 8.000 per porsi.

3. Mi Ayam Goreng Mekaton

Mie Ayam satu ini terletak cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta, tepatnya di Pasar Sri Kraton, Dusun Sumokaton, Desa Margokaton, Kecamatan Sayegan, Kabupaten Sleman. Jaraknya sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com