Kompas.com - 24/10/2017, 07:05 WIB
Warga berfoto di Pantai Bantayan di Desa Bantayan, Kecamatan Seunuddon, Aceh Utara, Selasa (17/10/2017). KOMPAS.com/MASRIADIWarga berfoto di Pantai Bantayan di Desa Bantayan, Kecamatan Seunuddon, Aceh Utara, Selasa (17/10/2017).
|
EditorI Made Asdhiana


LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Pemerintah Aceh Utara menetapkan obyek wisata Pantai Bantayan, di Desa Bantayan, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara menjadi destinasi wisata Islami.

Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Aceh Utara juga membangun fasilitas pendukung seperti dua gerai makanan, mushala, dan sarana Mandi Cuci Kakus (MCK). Ditambah lagi tulisan “Pantai Bantayan” untuk lokasi foto para wisatawan.

(Baca juga: Pantai Bantayan di Aceh Utara Kembali Dibuka)

Kepala Desa Bantayan, Fazal Umri, mengatakan dirinya dengan Pemerintah Aceh Utara telah berkoordinasi untuk memfungsikan kawasan itu sebagai lokasi wisata Islami. Saat ini, lokasi parkir sedang dibenahi.

“Untuk pedagang juga telah kita atur, totalnya ada 48 kios. Ini lokasi berjualan makanan dan minuman khusus untuk wisatawan,” katanya.

(Baca juga: Pantai Nglolang, Mirip Pantai Pribadi...)

Dia optimistis, kawasan pantai itu bisa menjadi salah satu destinasi wajib untuk wisatawan nusantara. Sebelumnya, menurut Fazal, Kementerian Pariwisata RI memberikan peringkat 25 dari 145 kelompok sadar wisata se Indonesia untuk kawasan pantai itu.

“Artinya, masyarakat sangat terbuka. Ini kami pertahankan, konsepnya tetap Islami, dan kami harap pengunjung memahaminya,” kata Fazal.

Saat ini wisata pantai itu masih sangat alami. Pantai dengan pasir nan bersih menjadi daya tarik tersendiri. “Semoga ini bisa membawa kemakmuran, keberkatan bagi masyarakat dan wisatawan,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.