Kompas.com - 24/10/2017, 20:03 WIB
|
EditorSri Anindiati Nursastri


BANYUWANGI, KOMPAS.com – Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Ijen segera dilengkapi sarana dan prasarana penunjang untuk menambah kenyamanan wisatawan. Kementerian  Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada tahun ini akan membangun sejumlah sarana penunjang, seperti ruang dan peralatan kesehatan, pagar pengaman bibir kawah, rest area, embung air, dan tandon air.

Hal itu diungkapkan Kepala Balai Besar BKSDA Jawa Timur, Ayu Dewi Utari, saat bertemu dengan Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widiyatmoko di Banyuwangi, Senin (23/10/2017).

“Kami sedang melakukan pembangunan beberapa sarana prasarana di kawasan Paltuding hingga ke kawasan puncak Ijen. Ini adalah bagian dari sinkronisasi pembangunan Ijen,”kata Ayu.

Baca juga : Taksi Manusia di Gunung Ijen, Begini Faktanya...

Pembangunan sarana dan prasarana tersebut meliputi pembangunan mushala, lahan parkir, ruang intepretasi wisata, pondok perapian, embung, dan tandon air. Juga akan dibangun taman bermain, tempat pantau satwa, pos pengendalian kebakaran, camping ground, perbaikan jalur pendakian, dan beberapa fasilitas lainnya.

“Untuk tahap pertama ini akan selesai pada Desember mendatang. Dan akan dilanjutkan pada tahun depan dengan total anggaran keseluruhan mencapai Rp 13 miliar. Khusus toilet, juga akan dibangun yang dananya dari CSR pihak ketiga,” terang Ayu.

Sebagai kawasan konservasi, lanjut Ayu, proses pembangunan infrastruktur tetap memperhatikan kealamian kawasan Ijen.

“Sebagai salah satu destinasi, kita juga bertanggung jawab agar pengunjung nyaman saat berkunjung ke sini. Pengembangannya tetap mengedepankan konsep konservasi. Sehingga ke depannya, Ijen ini benar-benar layak untuk dikunjungi,” ujarnya.

Baca juga : Kisah Sopir Taksi di Jalur Pendakian Gunung Ijen

Dalam kesempatan tersebut, BKSDA juga meminta dukungan Pemda mengembangkan sarana prasarana di Ijen. Seperti halnya penyediaan akses listrik dan air.

“Untuk listrik dan air, memang cukup sulit di Ijen. Kami mengajak pemda untuk ikut bisa mendorong pihak-pihak yang berwenang dalam hal tersebut agar turut memperhatikan Ijen,” terangnya.

Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widiyatmoko saat dikonfirmasi Kompas.com menyambut baik proses pembangunan yang dilakukan oleh KLHK. Menurutnya, Banyuwangi telah melakukan beberapa pembangunan guna mengembangkan kawasan Ijen.

“Banyuwangi sejak awal berkomitmen membangun kawasan Ijen. Karena banyak terbentur aturan, maka kami melakukan sebisanya. Seperti akses jalan menuju ke Paltuding telah kami perbaiki. Bahkan, kami rencanakan untuk terus melakukan pelebaran akses jalannya,” terang Yusuf.

Baca juga : Pembangunan Kereta Gantung di Kawah Ijen Segera Dimulai

Pembangunan sarana prasarana tersebut, lanjut Yusuf, telah lama diusulkan oleh Pemda Banyuwangi. Hal menjadi kabar gembira bagi pengembangan wisata.

“Alhamdulillah, jika ini bisa terealisasi dalam waktu dekat. Sehingga bisa memacu tingkat kunjungan wisatawan ke Ijen,” pungkas Yusuf.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.