Kompas.com - 25/10/2017, 09:40 WIB
Nampak gedung-gedung tinggi menghiasi pusat kota di Perth, Australia Barat, Minggu (10/9/2017) KOMPAS.COM/Wienda Putri NoviantyNampak gedung-gedung tinggi menghiasi pusat kota di Perth, Australia Barat, Minggu (10/9/2017)
|
EditorDimas Wahyu

KOMPAS.com – Pernahkah Anda berencana untuk menghabiskan akhir pekan dengan melakukan liburan yang tidak biasa? Jika iya, mungkin Australia Barat bisa menjadi destinasi Anda selanjutnya.

Beragam pilihan wisata ditawarkan oleh negara bagian terbesar yang terletak di ujung barat Australia ini, mulai dari pesona kuliner, seni, gaya hidup, hingga bentang alamnya yang menawan.

Salah satu destinasi di Australia Barat yang wajib untuk dieksplorasi adalah kawasan Perth dan sekitarnya. Selain sebagai ibu kota negara bagian, Perth juga menjadi denyut nadi utama pariwisata di Australia Barat.

Hal ini dikarenakan, Perth dikelilingi kawasan yang sangat menarik untuk dikunjungi, seperti Rottnest Island dengan pesona pulaunya dan Fremantle dengan sebutan kota pelabuhan tercantik di Australia Barat.

Bagi wisatawan Indonesia, perjalanan menuju Perth juga tidak memerlukan waktu lama, yakni hanya 4,5 jam penerbangan. Bahkan, Anda bisa menjelajah kota ini tanpa cuti dengan 3 hari saja.

Waktu segitu sebenarnya cukup untuk berkeliling kota yang dijuluki City of Light ini.

Namun, bagaimana caranya supaya bisa tenang berlibur tanpa harus mengajukan cuti?

Tips pertama, pilihlah waktu long weekend atau libur panjang akhir pekan, mulai Jumat sampai Minggu. Misalnya pada akhir 2017 ini, terdapat beberapa long weekend yang bisa Anda manfaatkan.

Terlebih lagi, saat ini juga sudah tersebar kalender tahun 2018 yang berisi tanggal-tanggal merah dan bisa Anda manfaatkan.

Kemudian, tips berikutnya adalah berburu tiket penerbangan. Jika Anda sudah menentukan tanggal liburan, segeralah pesan tiket penerbangan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi tiket yang habis terjual dan harga yang tinggi jika membeli mendekati hari keberangkatan.

Beragam destinasi menarik

Mengingat minimnya waktu, yakni hanya memiliki tiga hari efektif, tentu Anda ingin memanfaatkannya secara maksimal, bukan? Jadi, tips selanjutnya adalah menentukan destinasi yang akan dikunjungi.

Bila Anda ingin membuat rute perjalanan, Anda bisa mencari inspirasi secara lengkap dengan mengunjungi laman www.westernaustralia.com. Untuk memudahkan, berikut Kompas.com rangkum rekomendasi berbagai destinasi untuk liburan 3 hari di Perth.

Untuk destinasi di hari pertama, Anda bisa pilih wisata di tengah kota Perth. Terdapat fasilitas bus wisata gratis yang bisa Anda nikmati untuk mengelilingi area CBD Perth. Perth Cultural Centre, Perth Art Gallery, Watertown Factory Outlet, Elizabeth Quay, dan Swan Bell Tower merupakan destinasi yang dilewati bus wisata ini.

Pihak pengelola mengizinkan pengunjung melepas lelah di padang rumput area Kings Park.Thinkstock Pihak pengelola mengizinkan pengunjung melepas lelah di padang rumput area Kings Park.

Selanjutnya, Anda bisa menuju Swan River atau Kings Park untuk melakukan piknik sambil makan siang di taman kota terluas di dunia ini.

Setelah perut terisi penuh, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan mengikuti beberapa tur menarik yang tersedia di kota ini, di antaranya Segway Tour, Walking Tour, petualangan suku Aborigin di Perth, dan berkayak di sungai tengah kota.

Malam harinya, silakan nikmati tayangan film di puncak gedung berlantai enam dengan panorama gedung pencakar langit di distrik Northbridge.

Kemudian, pada hari berikutnya Anda bisa mengeksplorasi pulau indah yang terletak di sebelah barat Perth, yakni Rottnest Island. Momen yang paling diburu wisatawan ketika berkunjung ke pulau ini adalah bertemu dengan hewan paling bahagia di dunia, yakni quokka.

Dilansir dari Kompas.com, Rabu (27/9/2017), quokka merupakan hewan endemik Australia yang hanya ada di Pulau Rottnest. Tentu, kesempatan unik tersebut tidak boleh Anda lewatkan bila berkunjung ke pulau ini.

Quokka, salah satu binatang endemik yang hanya bisa ditemukan di pulau Rottnest, Australia Barat, Senin (11/9/2017)KOMPAS.COM/Wienda Putri Novianty Quokka, salah satu binatang endemik yang hanya bisa ditemukan di pulau Rottnest, Australia Barat, Senin (11/9/2017)

Terdapat dua cara yang bisa Anda lakukan untuk berkeliling di Pulau Rottnest. Cara pertama, jika Anda cukup bugar dan ingin pengalaman yang menarik, Anda bisa menyewa sepeda dan mengayuhnya untuk menjelajahi seisi pulau.

Namun, bila Anda ingin suasana lebih santai, terdapat bus tour yang siap menemani sepanjang hari. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 20 dollar Australia atau sekitar Rp 211.000 per orangnya untuk menaiki bus ini.

Pada penghujung hari, bersantai dan menikmati matahari terbenam di kafe-kafe pinggir pantai bisa menjadi pilihan selanjutnya.

Kemudian, hari berikutnya serta hari terakhir liburan Anda, berkunjunglah ke Fremantle. Kota pelabuhan terdekat dengan Perth ini juga merupakan destinasi wajib bila Anda berlibur ke Australia Barat.

Deretan kafe unik nan menarik, pasar tradisional yang menawan, dan museum-museum bersejarah merupakan highlight utama dari kota pelabuhan ini. Hampir sebagian besar turis asal Indonesia sangat menyukai kota yang biasa disebut Freo ini, salah satunya adalah Wienda.

“Sewaktu berkunjung ke Australia Barat, Fremantle adalah favorit saya! Kotanya kecil. Jadi, cukup berjalan kaki, ke mana saja juga bisa. Terus suasananya ramai dan banyak toko lucu,” ujar Wienda kepada Kompas.com, Jumat (20/10/2017).

Wienda juga menyebutkan, pemandangan kota Freo semakin dipercantik dengan mural-mural di dinding-dinding kota.

Seorang pengunjung berfoto di depan mural berwarna-warni di Fremantle, bagian dari kawasan kota Perth.KOMPAS/ILHAM KHOIRI Seorang pengunjung berfoto di depan mural berwarna-warni di Fremantle, bagian dari kawasan kota Perth.

Kemudian, sebagai penutup hari sebelum kembali ke Tanah Air, nikmatilah suasana senja di sebuah kafe yang terletak di pelabuhan Fremantle, Cicarello, sembari menyantap hidangan fish & chips ala Australia.

Maka lengkaplah petualangan 3 hari Anda di Perth dan sekitarnya.

Namun, pada dasarnya masih banyak tempat menarik lainnya yang bisa Anda kunjungi di Perth, seperti kawasan Swan Valley, Rockingham, dan Mandurah.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk mempersiapkan perjalanan Anda dengan mengunjungi laman resmi pariwisata Australia Barat di www.westernaustralia.com untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang Perth.

Selain mengetahui beragam destinasi menarik di sana, Anda juga akan mendapatkan informasi mengenai musim terbaik untuk berlibur di negara barat terdekat dengan Indonesia ini dan menikmati pengalaman #SuatuHaridiAustraliaBarat—Just Another Day in Western Australia.


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.