Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Puncak Gunung untuk Berburu Matahari Terbit

Kompas.com - 27/10/2017, 12:12 WIB
WIENDA PUTRI NOVIANTY

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia dikenal dengan wilayah yang memiliki banyak sekali pegunungan. Tidak menutup kemungkinan, ternyata gunung-gunung di Indonesia pun bisa dijadikan lokasi-lokasi yang "sempurna" untuk Anda yang gemar berburu matahari terbit nan menawan.

Pagi hari menjadi saat membayar lelahnya mendaki dengan menikmati matahari terbit nan cantik di puncak gunung.

(Baca juga : Tak Hanya Sunrise, Gugusan Gunung dan Candi Pun Terlihat Eksotis)

Bagi Anda yang gemar mendaki gunung sekaligus berburu matahari terbit, berikut KompasTravel himpun 5 gunung di Indonesia yang bisa menjadi pilihan Anda berburu matahari terbit.

1. Gunung Batur, Bali

Berlokasi di Pulau Bali, tepatnya di Kintamani, Kabupaten Bangli. Gunung Batur ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berburu matahari terbit. Ditambah gunung ini dikelilingi oleh Danau Batur sehingga tak usah diragukan lagi keindahannya.

(Baca juga : Anton Apriyantono, Mantan Menteri Pertanian yang Gemar Mendaki Gunung)

Bagi pendaki pemula yang ingin menikmati keindahan matahari terbit di puncak Gunung Batur, tak usah khawatir karena gunung ini memiliki jalur trek yang cocok bagi pendaki pemula maupun profesional. Itu sebabnya, gunung ini begitu populer sebagai salah satu spot wisata gunung di Bali.

Seorang nelayan sedang mencari ikan saat matahari menyingsing di Danau Batur, yang merupakan danau di kaldera Gunung Batur pada ketinggian 1.050 mdpl. Permukaan air Danau Batur seluas 16.05 KM2, yang terletak di Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.KOMPAS.com / RONNY ADOLOF BUOL Seorang nelayan sedang mencari ikan saat matahari menyingsing di Danau Batur, yang merupakan danau di kaldera Gunung Batur pada ketinggian 1.050 mdpl. Permukaan air Danau Batur seluas 16.05 KM2, yang terletak di Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.
2. Gunung Prau, Dieng

Gunung Prau berlokasi di Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Magelang. Puncak Prau yang terkenal dengan hamparan rumput hijaunya menjadi spot favorit untuk berburu matahar terbit.

Panorama matahari terbit di puncak gunung ini memang terkenal begitu cantik.  Tak ketinggalan, Anda akan melihat penampakan dua gunung kembar yaitu Gunung Sumbing dan Sindoro dari atas puncak Gunung Prau.

puncak gunungKOMPAS.com/NAZAR NURDIN puncak gunung
3. Gunung Kelimutu, Flores

Terletak di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Kabupaten Ende, gunung ini memiliki kawah yang terkenal dan biasa disebut Danau Kelimutu. Di puncak, wisatawan dapat menikmati pemandangan tiga danau dengan tiga warna berbeda yang kerap berubah warna dari masa ke masa. 

Biasanya untuk mendaki ke puncak, dapat dilakukan pada dini hari atau sekitar jam tiga pagi. Sehingga saat tiba di puncak tepat di kala matahari terbit. Sinar matahari terbit yang jatuh ke danau menghasilkan pantulan yang membuat cantik pemandangan danau yang berkilauan.

Ratusan wisatawan ketika melihat matahari terbit di Kelimutu, NTT.SANDRO GATRA/KOMPAS.com Ratusan wisatawan ketika melihat matahari terbit di Kelimutu, NTT.
4. Gunung Papandayan, Garut

Gunung ini yang berlokasi di Garut, Jawa Barat. Gunung Papandayan memang sangat dikenal bagi para pendaki-pendaki pemula. Gunung Papandayan sangat cocok untuk pendaki pemula yang ingin melihat matahari terbit di puncak gunung.

Selama perjalanan Anda menuju puncak, Anda akan melewati kawah-kawah  yang mengeluarkan bunyi mendesis serta bau belerang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com