8 Tren Wisata yang Diprediksi Marak Tahun Depan

Kompas.com - 27/10/2017, 19:24 WIB
Ilustrasipexels.com Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren dalam hal wisata selalu berubah dari tahun ke tahun. Situs pemesanan akomodasi, Booking.com, telah menyusun prediksi tren di tahun mendatang.

Data dikumpulkan Booking.com dengan menggabungkan wawasan pelanggan (customer insights) yang berasal dari 128 juta lebih ulasan asli para tamu dan riset terhadap 19.000 wisatawan di 26 negara.

Berikut adalah delapan tren wisata yang diprediksi akan terjadi pada 2018, sesuai siaran pers dari Booking.com yang KompasTravel terima, Kamis (16/10/2017).

1. Teknologi jadi andalan

Hampir sepertiga wisatawan global mengatakan bahwa mereka merasa nyaman membiarkan sebuah komputer merencanakan perjalanan yang akan datang berdasarkan data riwayat perjalanan sebelumnya. Setengah dari total wisatawan global tidak keberatan jika mereka berurusan dengan manusia atau komputer selama pertanyaan mereka terjawab.

Uniknya, 64 persen wisatawan menginginkan pengalaman lewar VR (Virtual Reality) sebelum membayar untuk berwisata, 50 persen wisatawan mengambil keputusan wisata lewat rekomendasi yang diberikan.

2. Impian lebih penting dari uang

Tahun depan jadi waktu untuk berkunjung ke destinasi incaran oleh banyak wisatawan. Sebab 82 persen wisatawan mengincar satu destinasi atau lebih dari daftar mereka di tahun yang akan datang. Kerinduan untuk memiliki pengalaman wisata dibandingkan harta benda masih lebih besar di tahun mendatang.

3. Nostalgia

Tak sedikit juga wisatawan yang ingin mengulang perjalanan favorit. Ada 34 persen wisatawan, khususnya wisatawan milenial yang mempertimbangkan liburan yang mereka alami sewaktu anak-anak untuk tahun 2018.

4. Destinasi dari budaya populer

Televisi, Youtube, film, video musik, dan blog ternyata memberi pengaruh kepada destinasi wisata incaran wisatawan. Lokasi program televisi teratas yang paling ingin dikunjungi wisatawan pada tahun 2018 adalah Kroasia, Spanyol, dan Islandia yang terinspirasi oleh Game of Thrones (29 persen), London seperti yang terlihat di Sherlock dan the Crown (21 persen dan 13 persen), New York dan Manhattan dari Billions (13 persen), serta Los Angeles dilihat di Entourage (10 persen).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorSri Anindiati Nursastri
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X