Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Jelajahi 5 Pantai di Pulau Belitung

Kompas.com - 28/10/2017, 15:09 WIB
WIENDA PUTRI NOVIANTY

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Urusan wisata pantai, Pulau Belitung, di Provinsi Bangka Belitung memang juaranya. Pulau yang dikenal berkat film “Laskar Pelangi” nyatanya menjadi destinasi wisata favorit bagi Anda yang gemar berlibur kepantai.

Halusnya pasir pantai ditambah hempasan ombak laut yang membelai kaki Anda siap memanjakan liburan Anda berjelajah di pantai-pantai cantik di Pulau Belitung.

(Baca juga : Pantai Nglolang, Mirip Pantai Pribadi...)

Bagi Anda yang bingung dengan obyek wisata pantai di Belitung, Berikut KompasTravel himpun lima pantai yang bisa Anda kunjungi saat di Belitung :

1. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang berada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Pantai ini  dikenal sebagai pintu untuk berkeliling ke pulau-pulau kecil karena banyaknya kapal kayu yang menyediakan jasa antar.

(Baca juga : Liburan ke Pantai Bersama Si Kecil, Bawa 15 Benda Ini)

Di Pantai ini, Anda bisa menyusuri pesisir pantai dengan ditemani batuan-batuan granit yang terparkir di pinggir pantai. Jangan lupa, abadikan momen seru bermain di Pantai Tanjung Kelayang dengan ponsel Anda.

Suasana Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Belitung, Selasa (12/4/2011). Pulau Belitung terkenal dengan keindahan lokasi wisata pantai pasir putih berbatu granit artistik. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Suasana Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Belitung, Selasa (12/4/2011). Pulau Belitung terkenal dengan keindahan lokasi wisata pantai pasir putih berbatu granit artistik.
2. Pantai Kepayang

Pantai ini berlokasi tak jauh dari gugusan perairan Belitung. Pantai ini bisa dicapai dari Pantai Tanjung Kelayang. Anda bisa mampir sejenak untuk bermain pasir dipinggir pantai ditemani desiran air laut yang sangat jernih.

(Baca juga : Berjemurlah di Pantai Liang Mbala, Flores, Rasakan Sensasinya...)

Tak boleh ketinggalan, Anda pun bisa snorkeling dan bermain air di Pantai Kepayang ini. Airnya yang super jernih tentu membuat Anda  lupa waktu.

Salah satu keunggulan yang disediakan pantai ini, ialah tersedia fasilitas tempat makan dan toilet yang bisa Anda gunakan.

Pulau Kepayang merupakan pulau terbesar diantara gugusan pantai eksotik Belitung, sehingga disebut Pulau Gede atau Pulau Babi.KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Pulau Kepayang merupakan pulau terbesar diantara gugusan pantai eksotik Belitung, sehingga disebut Pulau Gede atau Pulau Babi.

3. Pantai Pulau Lengkuas

Di Pantai Pulau Lengkuas ini, Anda bisa melihat salah satu mercusuar peninggalan sejarah kolonial Belanda yang masih berdiri kokoh sejah tahun 1882. Anda pun sekaligus bisa menaiki mercusuar yang memiliki tinggi berkisar 62 meter.

Selain menjumpai mercusuar, hamparan pasir putih dan air laut berwarna biru jernih  lantas mengoda Anda untuk bermain air di pantai Pulau Lengkuas. Lokasi untuk snorkeling pun tak terlewatkan.

Tidak jauh dari pulau ini ada tempat snorkeling yang menyuguhkan pemandangan bawah laut luar biasa. Rangkaian karangnya yang masih berumur muda, dan ikan-ikan yang berkeliling di sekitar anda sangat mengasyikkan.

Tak usah khawatir karena jika Anda lelah, di Pulau Lengkuas tersedia warung yang menjual kelapa muda yang siap menyegarkan Anda.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com