Garuda Indonesia Resmikan Penerbangan Langsung Jakarta-London

Kompas.com - 31/10/2017, 15:04 WIB
Garuda Indonesia meresmikan layanan nonstop Jakarta-London pp. Acara peresmian dilakukan oleh Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Pahala Nugraha Mansury (nomor 2 dari kiri) bersama Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik (tengah) dan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata RI, I Gde Pitana (no 2 dari kanan) di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Selasa (31/10/2017). KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIAGaruda Indonesia meresmikan layanan nonstop Jakarta-London pp. Acara peresmian dilakukan oleh Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Pahala Nugraha Mansury (nomor 2 dari kiri) bersama Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik (tengah) dan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata RI, I Gde Pitana (no 2 dari kanan) di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Selasa (31/10/2017).
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai Garuda Indonesia resmi melayani penerbangan nonstop Jakarta - London pp. Peresmian tersebut menjadikan Garuda Indonesia sebagai maskapai pertama yang menghubungkan kedua kota tersebut secara langsung, juga menjadi rute Eropa tercepat dari Indonesia.

Peresmian tersebut disaksikan oleh Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik dan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (31/10/2017).

(Baca juga : Garuda Indonesia Raih Predikat Maskapai Bintang Lima dari APEX)

Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Pahala Nugraha Mansury mengungkapkan layanan penerbangan nonstop tersebut merupakan penerbangan nonstop tercepat, nyaman, dan efisien dari Indonesia ke United Kingdom (UK) dan Eropa.

"UK merupakan pasar Eropa paling potensial untuk Asia Pasifik, juga Indonesia. Tak hanya penumpang, tapi juga kargo yang terus meningkat. Dengan ini rute langsung Eropa-Indonesia dari Garuda menjadi dua, selain Amsterdam," kata Pahala, dalam kesempatan tersebut.

(Baca juga : Borough Market, Pasar Berusia 1.000 Tahun Favorit Turis di London)

Ia optimis rute tersebut akan banyak diminati, karena rute penerbangan Jakarta-London pp terhubung dengan jadwal penerbangan Garuda Indonesia menuju Australia. Mengingat bagian dari Rute Kanguru, seperti Melbourne, Sydney dan Perth, merupakan salah satu tujuan terbanyak penumpang dari UK.

Wisawatan yang berada di London Eye, sebuah ikon wisata di Kota London yang berputar di sisi Sungai Thames, menjadi saksi serangan teror yang terjadi di depan Gedung Parlemen Inggris, Rabu (22/3/2017).  JOEL FORD/ AFP Wisawatan yang berada di London Eye, sebuah ikon wisata di Kota London yang berputar di sisi Sungai Thames, menjadi saksi serangan teror yang terjadi di depan Gedung Parlemen Inggris, Rabu (22/3/2017).
I Gde Pitana mengapresiasi peresmian rute tersebut, karena akan jadi salah satu kunci keberhasilan meningkatkan kedatangan wisatawan Eropa, khususnya UK yang terkenal loyal.

"Kami yang paling berbahagia, karena konektivitas udara merupakan kunci sukses faktor untuk kedatangan wisatawan juga devisa, makanya jadi program prioritas. Ini juga solusi dari hasil riset kenapa wisatawan UK yang datang ke Indonesia paling sedikit dibanding negara lain di Asia," ujar Pitana.

Ia menargetkan total 384.000 wisatwan mancanegara (wisman) dari UK yang datang ke Indonesia di tahun 2017 ini. Sementara hingga Agustus 2017 sudah ada 244.638 wisman, yang artinya naik 13 dari periode yang sama di tahun kemarin.

Sementara itu Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik, mengharapkan dengan adanya layanan penerbangan tersebut, dapat meningkatkan nilai investasi dari kedua negara.

Garuda Indonesia akan melayani penerbangan nonstop dari dan menuju London Heathrow sebanyak tiga kali per minggu setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu dengan menggunakan pesawat Boeing 777-300 ER berkapasitas sebanyak 314 penumpang, terdiri dari 8 kursi First Class, 38 kursi Business Class, dan 268 kursi Economy Class.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Pahala Nugraha Mansury (kiri), Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik (tengah) dan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana (kanan) seusai meresmikan layanan penerbangan nonstop Garuda Indonesia, Jakarta-London di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (31/10/2017). Layanan direct flight tersebut akan beroperasi tiga kali seminggu yakni Selasa, Kamis, dan Sabtu dengan Boeing 777-300.KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Pahala Nugraha Mansury (kiri), Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik (tengah) dan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana (kanan) seusai meresmikan layanan penerbangan nonstop Garuda Indonesia, Jakarta-London di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (31/10/2017). Layanan direct flight tersebut akan beroperasi tiga kali seminggu yakni Selasa, Kamis, dan Sabtu dengan Boeing 777-300.
Penerbangan nonstop Jakarta-London berangkat dari Jakarta pukul 12.05 WIB melalui penerbangan GA 086 dan tiba di London Pukul 03.00 waktu setempat. Sementara itu penerbangan London-Jakarta berangkat dari Bandara Heathrow, London pukul 04.55 waktu setempat dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pukul 18.55 WIB.

Sebelumnya, Garuda Indonesia melayani penerbangan dari Soekarno-Hatta menuju London Heathrow transit terlebih dahulu di Singapura. Sementara untuk rute sebaliknya dari London Heathrow menuju Soekarno-Hatta dilayani maskapai tersebut secara nonstop.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X