Kompas.com - 01/11/2017, 09:32 WIB
Klook Indonesia, agen perlananan online baru dibuka di Indonesia pada tahun 2016. Situs Klook IndonesiaKlook Indonesia, agen perlananan online baru dibuka di Indonesia pada tahun 2016.
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Agent Perjalanan Online (Online Travel Agent) Klook resmi dibuka di Indonesia sejak tahun 2016. Lewat aplikasi dan situs, OTA yang berasal dari Hongkong meramaikan pasar OTA Indonesia. Namun bedanya, Klook tak menjual paket akomodasi dan transportasi, seperti OTA kebanyakan di Indonesia.

"Kami adalah OTA yang fokus dengan in destinastion, terkait transportasi, WiFi, travel need, kendaraan, atraksi, theme park, apa pun yang dilakukan oleh traveler saat dia sampai," kata Marketing Klook Indonesia, Evan Januli di acara media gathering, Portico, Mal Senayan City, Jakarta, Selasa (31/10/2017).

(Baca juga : Apa Kekurangan Online Travel Agent untuk Pesan Tiket Pesawat?)

Evan menjelaskan Klook tertarik untuk mengembangkan pasar Indonesia sebab pasar wisatawan mandiri di Indonesia terbilang besar. Selain itu, belum banyak OTA yang fokus dengan produk in destinasion (segala sesuatu aktivitas di luar hotel dan penerbangan).

"Kalau dilihat pasar Indonesia sekarang sedang mengalami peralihan dari non independent traveler ke independent traveler. Independent traveler ini yang mengatur jadwal perjalanannya sendiri," kata Evan.

(Baca juga : Saatnya Travel Agent Konvensional Merambah Dunia Digital)

Tak hanya generasi milenial, Evan mengungkapkan pangsa pasar dari Klook adalah wisatawan keluarga dan mahasiswa baru yang mulai melancong ke luar negeri.

Kelebihan Klook dijelaskan oleh tim Klook Indonesia, memiliki harga yang bersaing karena kerja sama langsung dilakukan ke merchant tanpa melewati pihak ketiga. Pemesanan Klook juga dapat dilakukan dalam waktu dekat (last minute booking), dan penawaran dalam bentuk paket sehingga lebih murah.

Klook sendiri didirikan di Hongkong pada tahun 2014 dengan nama yang berarti Keep Looking. Saat ini Klook memiliki 13 kantor perwakilan di berbagai negara termasuk Indonesia. Ada 30.000 aktivitas di lebih dari 120 destinasi yang menjadi produk Klook.

Platform wisata ini juga baru saja mendapat suntikan dana sebesar 60 juta dollar AS, dan berencana untuk mengembangkan binis di Eropa dan Amerika Serikat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.