Kompas.com - 05/11/2017, 13:05 WIB
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com — Indonesia menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan Muslim milenial di dunia. Hal itu berdasarkan laporan terbaru dari Mastercard-HalalTrip Muslim Millenial Travel Report 2017 atau MMTR2017.

Indonesia dipilih berdasarkan hasil survei Mastercard-HalalTrip kepada 372 responden yang tinggal di lima benua.

Indonesia berada di posisi kedua setelah Malaysia yang berada di urutan pertama. Sementara posisi ketiga setelah Indonesia adalah Jepang.

(Baca juga: Kompetisi Wisata Halal, Indonesia Geser Posisi Para Legenda )

Adapun sepuluh destinasi yang paling banyak dikunjungi wisatawan milenial Muslim di dunia adalah Malaysia, Indonesia, Jepang, Thailand, Australia, Singapura, Uni Emirat Arab, Inggris, Amerika Serikat, dan India.

Potret Menara Petronas diambil dari depan Suria Kuala Lumpur City Centre, Kamis, (13/8/2015).KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Potret Menara Petronas diambil dari depan Suria Kuala Lumpur City Centre, Kamis, (13/8/2015).
Destinasi-destinasi wisata lainnya yang juga turut dipilih  wisatawan Muslim milenial dunia antara lain Selandia Baru, Ceko, Sri Lanka, Portugal, London, Swiss, Vietnam, Kanada, Korea Selatan, Islandia, Bangladesh, Brunei Darussalam, Tehran, Afganistan, Kenya, Algeria, Mesir, Turki, Italia, Taiwan, Maroko, Jerman, Qatar, Kanada, Spanyol, Tunisia, Mauritius, Moldova, China, dan Arab Saudi.

Pihak Mastercard-HalalTrip melakukan penelitian untuk menyoroti motivasi, kebiasaan, kebutuhan, dan preferensi yang dimiliki  segmen Muslim milenial saat melakukan perjalanan. Penelitian wisatawan Muslim milenial berbasis survei berfokus pada 372 responden berumur 18–36 tahun dengan berbagai latar pendidikan dan pekerjaan yang tinggal di lima benua, yaitu Afrika, Amerika, Asia Pasifik, Eropa, dan Timur Tengah.

(Baca juga: Sertifikasi Halal Restoran, Keluhan Menpar, hingga Turis China... )

Komposisi responden terdiri dari 33 persen laki-laki dan 51 persen perempuan. Responden didominasi warga yang tinggal di Asia Pasifik (88 persen).

Suasana Ueno Park saat musim semiKOMPAS.COM/Alek Kurniawan Suasana Ueno Park saat musim semi
Dominasi responden Asia dalam hasil survei MMTR2017 menunjukkan kesamaan dengan representasi geografis dalam studi lain yang menyebutkan hanya 20 persen umat Muslim yang tinggal di Timur Tengah dan Afrika Utara. Sementara 60 persen umat Muslim tinggal di wilayah Asia.

“Tidak ada keraguan bahwa semua pihak di sektor pariwisata harus lebih memperhatikan pasar wisatawan Muslim milenial ini yang dapat mendorong pengeluaran untuk tiket pesawat, hotel dan wisata,” ujar Fazal Bahardeen, CEO dari CrescentRating & HalalTrip, dalam siaran pers yang diterima KompasTravel, Jumat (3/11/2017).

(Baca juga: Menemukan Halal di Phuket )

MMTR2017 merupakan laporan komprehensif pertama yang melakukan penelitian terhadap meningkatnya wisatawan Muslim milenial di seluruh dunia. Laporan ini bertujuan untuk mengevaluasi potensi dari pasar Muslim milenial bagi destinasi-destinasi wisata, operator tur, maskapai penerbangan, dan industri pariwisata serta perhotelan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.