Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alternatif Penginapan di Solo saat Pernikahan Kahiyang-Bobby

Kompas.com - 07/11/2017, 07:45 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hotel di Solo kebanjiran pesanan bersamaan dengan momen pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Beberapa hotel memiliki tingkat okupansi mencapai 100 persen alias seluruh kamar sudah dipesan.

"Okupansi hotel di Solo tinggi tetapi masih terbatas untuk hotel bintang tiga ke atas. Mungkin mulai besok baru penuh," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Solo, Abdullah Soewarno dihubungi KompasTravel, Senin (6/11/2017).

(Baca juga : Jelang Pernikahan Kahiyang-Bobby, Okupansi Hotel di Solo Hampir Penuh)

Namun demikian Abdullah mengatakan bahwa penginapan yang sudah dipesan rata-rata hotel bintang tiga ke atas di daerah Solo dan Solobaru. Masih ada harapan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Solo dan belum mendapatkan penginapan.

Dari data yang KompasTravel himpun, ada beberapa penginapan baik homestay maupun hotel di bawah kelas bintang tiga yang berada di daerah Solo.

(Baca juga : Cerita di Balik Sate Kere, Hidangan Pernikahan Kahiyang-Bobby)

Seperti di Jalan A Yani yang berjarak delapan kilometer dari Graha Saba Buana, tempat pernikahan Kahiyang dan Bobby terdapat empat hotel dibawah kelas bintang tiga. Ada pula beberapa hotel di bawah kelas bintang tiga yang banyak terdapat di dekat Taman Tirtonadi.

Presiden Jokowi memantau langsung jalannya simulasi kirab kereta kencana yang membawa rombongan keluarga dan dua mempelai di Jalan Letjen Suprapto Solo, Senin (6/11/2017).KOMPAS.com/Muhlis Al Alawi Presiden Jokowi memantau langsung jalannya simulasi kirab kereta kencana yang membawa rombongan keluarga dan dua mempelai di Jalan Letjen Suprapto Solo, Senin (6/11/2017).
Alternatif lain yang dapat dipilih adalah mengandalkan situs pemesanan non kamar hotel seperti di Airbnb, RedDorrz, atau Airy Rooms yang berpeluang memiliki kamar ketimbang hotel. 

Selanjutnya kabupaten dekat Solo seperti Boyolali juga dapat menjadi alternatif pilihan. Perjalanan dari Boyolali ke Graha Saba Buana dapat ditempuh dalam waktu 45 menit sampai satu jam berkendara.

Keunggulan lainnya, menginap di Bandara Adi Sumarmo yang berada di Kabupaten Boyolali. Menginap di Boyolali juga dapat menghindari kepadatan lalu lintas di daerah Solo saat perhelatan nikah akbar Kahiyang-Bobby dimulai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com