Kompas.com - 07/11/2017, 13:28 WIB
EditorI Made Asdhiana

LONDON, KOMPAS.comWonderful Indonesia menampilkan Borobudur, Bali, Komodo, Danau Toba, serta Raja Ampat di bursa pariwisata terbesar kedua di dunia, World Travel Market (WTM) London, 6-8 November 2017.  

Di WTM London, Wonderful Indonesia tak ingin tampil seadanya. Semua kekuatan dikerahkan. Semua seller raksasa ikut diboyong. Semuanya fokus menjual destinasi wisata Indonesia di jantung London Royal Docks, gedung Excel London yang berada di tepian Sungai Thames.

“Hampir semua industri besar pariwisata di semua negara yang concern di tourism selalu tampil WTM London. Itu sebabnya kita all out di sana,” kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar I Gde Pitana, di London, Minggu (5/11/2017), dalam siaran pers Kemenpaar.

(Baca juga : Ini yang Dipamerkan Indonesia di World Travel Market London 2017)

Paviliun Wonderful Indonesia langsung disulap dengan desain elegan. Kapal phinisi kembali dijadikan ikon. “Semua sudah disiapkan dengan optimal,” katanya.

Wonderful Indonesia tampil di bursa pariwisata terbesar kedua di dunia, World Travel Market (WTM) London, 6-8 November 2017.ARSIP KEMENPAR Wonderful Indonesia tampil di bursa pariwisata terbesar kedua di dunia, World Travel Market (WTM) London, 6-8 November 2017.
Dari waktu ke waktu, desain booth Wonderful Indonesia di berbagai pameran berskala global memang selalu menggunakan replika kapal phinisi.

(Baca juga : Indonesia Sabet Dua Prestasi Bergengsi Versi Dive Magazine di London)

Pilihannya dirasa sangat pas lantaran design kapalnya sangat eye cathing. Runcing di depan dan tumpul di belakang dengan dihiasi beberapa tiang yang tinggi menjulang. Tampilannya pun gampang diingat.

"Phinisi itu sudah mendunia. Pelaut-pelaut Bugis sudah menjelajah dunia dengan phinisi. Dari Asia, Afrika, Australia, Amerika, Eropa pernah dijelajahi pelaut kita dengan phinisi. Ini sangat mewakili identitas Indonesia. Karena itu kami konsisten menggunakan desain ini di semua travel market besar dunia," kata Pitana yang didampingi Asdep Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Afrika dan Amerika Kemenpar Nia Niscaya.

(Baca juga : 14,5 Jam Terbang Langsung dari Hangatnya Jakarta ke Romantisnya London)

Identitas sebagai bangsa maritim dan negara kepulauan terbesar di dunia juga terwakilkan dengan tampilan Kapal Phinisi. Sangat pas dengan visi Presiden Jokowi yang menampatkan maritim sebagai satu dari lima prioritas pembangunan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Dubes RI di London Rizal Sukma di Paviliun Wonderful Indonesia yang tampil pada bursa pariwisata terbesar kedua di dunia, World Travel Market (WTM) London, 6-8 November 2017. ARSIP KEMENPAR Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Dubes RI di London Rizal Sukma di Paviliun Wonderful Indonesia yang tampil pada bursa pariwisata terbesar kedua di dunia, World Travel Market (WTM) London, 6-8 November 2017.
Bila ditarik ke pariwisata, kapal phinisi juga sangat nyambung. Tengok saja sepuluh destinasi prioritas yang bakal disulap menjadi 10 Bali Baru. Tujuh di antaranya adalah wisata bahari. Daya pikatnya adalah maritim.

“Pesannya jelas. Kami ingin menyampaikan bahwa Indonesia adalah destinasi wisata kelas dunia. Tentunya destinasi yang benar-benar Wonderful Indonesia," kata Nia Niscaya.

(Baca juga : Bangga! Indonesia Raih 2 Penghargaan di Kompetisi Video Pariwisata Dunia UNWTO)

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.