Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AP 1 Siapkan Skenario Kedatangan Tamu Pernikahan Kahiyang-Bobby

Kompas.com - 07/11/2017, 18:22 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara Adi Soemarmo Solo dan Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta bersiap menerima kedatangan tamu undangan dari pernikahan Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Nasution. Pernikahan putri semata wayang Presiden RI ini akan dilaksanakan Rabu (8/11/2017).

PT Angkasa Pura I (Persero), pengelola kedua bandara mengabarkan adanya peningkatan penerbangan bersamaan momen istimewa ini. Terhitung dari 7-9 November akan ada 29 chartered flight (maskapai Garuda Indonesia, Enggang Air, Premi Air, TNI, Karisma Bahana Aviation, Sriwijaya Air, Indonesia Air Transport, Sari Rahayu Biomantra, Jhonlin Air Transport, Transwisata, Seacon Aviation Air Pacific) dan empat extra flight (maskapai Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air). Sementara itu Garuda Indonesia juga melakukan penggantian lima pesawat menjadi pesawat berbadan besar.

(Baca juga : Jelang Pernikahan Kahiyang-Bobby, Okupansi Hotel di Solo Hampir Penuh )

"Untuk mendukung sukses dan lancarnya acara pernikahan putri Presiden Joko Widodo di Solo di mana ribuan tamu undangan akan datang melewati bandara-bandara kami, Angkasa Pura I cabang Bandara Adi Soemarmo Solo dan Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta telah menyiapkan skema pengaturan parkir pesawat chartered dan tambahan yang membawa tamu undangan Presiden Joko Widodo,” ujar Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero) Israwadi sesuai siaran pers yang diterima KompasTravel, Selasa (7/11/2017).

Bandara Adisutjipto di Yogyakarta menggunakan bahasa Jawa untuk mengumumkan keberangkatan pesawat.KOMPAS.com/WIJAYA KUSUMA Bandara Adisutjipto di Yogyakarta menggunakan bahasa Jawa untuk mengumumkan keberangkatan pesawat.

Sebagai persiapan, Bandara Adi Soemarmo Solo membuka apron tempat parkir pesawat sebanyak 21 parking stand yang dapat digunakan dalam waktu bersamaan.

Adapun konfigurasi parking stand tersebut meliputi satu parking stand untuk pesawat wide body, tiga parking stand untuk pesawat narrow body, sembilan parking stand untuk pesawat dengan rentang sayap (wingspan) kurang dari 20 meter, dan delapan parking stand untuk pesawat dengan wingspan kurang dari 30 meter.

Jika masih kurang, skenario lain penerbangan ke Bandara Adi Soemarmo Solo akan dialihkan ke Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta. Total ada 10 parking stand  (4 parking stand di military apron dan 6 parking stand di civil apron) untuk pesawat dengan wingspan kurang dari 20 meter.

(Baca juga : Ini Prediksi Titik Kemacetan Lalu Lintas Saat Pernikahan Kahiyang-Bobby di Solo)

Presiden Jokowi memantau langsung jalannya simulasi kirab kereta kencana yang membawa rombongan keluarga dan dua mempelai di Jalan Letjen Suprapto Solo, Senin (6/11/2017).KOMPAS.com/Muhlis Al Alawi Presiden Jokowi memantau langsung jalannya simulasi kirab kereta kencana yang membawa rombongan keluarga dan dua mempelai di Jalan Letjen Suprapto Solo, Senin (6/11/2017).
Bandara Adi Soemarmo Solo juga menambah jam operasi bandara menjadi 24 jam pada Selasa (7/11) dan Rabu (8/11). Selain itu, pihak AP 1 menghentikan seluruh pekerjaan beautifikasi terminal bandara pada Rabu (8/11).

Tamu undangan yang akan melakukan perjalanan pulang melalui bandara Adi Sumarmo juga dapat menikmati fasilitas ruang tunggu Concordia Executive Lounge.

Terdapat berbagai fasilitas yang memanjakan di ruang tunggu tersebut, seperti akses langsung ke parkir pesawat, reflexology, buffet makanan dengan menu khas Solo, internet corner, wi-fi, fasilitas rapat, musholla, dan layanan lainnya yang dapat menampung 200 seats.

Faktor keamanan juga telah dikoordinasikan ke berbagai pihak. Seperti maskapai, groundhandling, TNI Angkatan Udara, dan Kementerian Perhubungan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com