Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/11/2017, 10:28 WIB

GROBOGAN, KOMPAS.com - Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah berupaya menggenjot penataan desa wisata di wilayahnya.

Rencananya, tahun 2018, sebanyak 12 desa wisata yang dipersiapkan segala penunjangnya itu akan dipromosikan sebagai bagian dari paket wisata di daerah ini.

(Baca juga : Sayur Becek, Ikon Kuliner Baru di Kabupaten Grobogan)

Kepala Disporabudpar Kabupaten Grobogan, Karsono, menyampaikan tahun sebelumnya, pihaknya fokus dalam sosialisasi dengan masyarakat terkait desa wisata. Sementara di tahun ini, Disporabudpar Grobogan rutin memberikan pelatihan peningkatan kapasitas masyarakat sekitar desa wisata.

"Segala penunjang desa wisata bertahap kami benahi setelah bekerja sama dengan pihak desa. Mulai dari perbaikan infrastruktur, manajemen lembaga desa dan pembentukan forum desa wisata. Termasuk pelatihan klaster pariwisata dengan mengangkat potensi desa seperti suvenir, kuliner, seni budaya dan agro," kata Karsono kepada Kompas.com, Rabu (8/11/2017).

"Tahun 2018, 12 desa wisata akan dimasukkan sebagai paket wisata di Grobogan," sambungnya.

Pasca lebaran jumlah pengunjung yang berdatangan memadati Rumah Fosil Banjarejo, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah meningkat signifikan setiap harinya, Jumat (30/6/2017).KOMPAS.com/PUTHUT DWI PUTRANTO Pasca lebaran jumlah pengunjung yang berdatangan memadati Rumah Fosil Banjarejo, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah meningkat signifikan setiap harinya, Jumat (30/6/2017).
Sementara itu Kepala Seksi Destinasi Wisata Disporabudpar Kabupaten Grobogan, Purwanti Widiyaningrum, menjelaskan, 12 desa wisata itu diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Ke-12 desa wisata itu berlokasi di Kecamatan Purwodadi, Godong, Gubug, Grobogan, Tawangharjo, Kradenan dan Gabus.

"Ada juga program penguatan lembaga desa wisata tahun 2018-2021. Desa wisata di Grobogan akan semakin memanjakan wisatawan dengan potensi yang ada. Ada wisata alam, agro dan religi. Sebut saja Goa Maria, Goa Macan, Rumah Fosil, Makam Ki Ageng Joko Tarub, dan Ki Ageng Selo," kata Purwanti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+