Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekarang Bisa Internetan di Pesawat AirAsia, Harganya Mulai Rp 30.000

Kompas.com - 10/11/2017, 16:55 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan AirAsia Indonesia resmi meluncurkan layanan WiFi dalam penerbangan pada Jumat (10/11/2017). Layanan WiFi dan inflight entertainment dari maskapai tersebut diberi nama ROKKI yang tersedia untuk penerbangan domestik dan international.

"Generasi milenial itu hidupnya sangat tergantung pada smartphone, hampir 24 jam dan konektivitas untuk internet menjadi kebutuhan mereka. Kita luncurkan (layanan WiFi dan inflight entertainment) di hari baik ini untuk memenuhi kebutuhan pelanggan," ujar CEO AirAsia Indonesia, Dendy Kurniawan di Kantor Pusat AirAsia Indonesia, RedHouse, Tangerang, Jumat (10/11/2017).

(Baca juga : Layanan WiFi dalam Penerbangan AirAsia Indonesia Dikenakan Biaya )

Ia melanjutkan, tidak hanya generasi milenial, generasi sebelumnya pula dirasa membutuhkan konektivitas layanan internet. Oleh sebab itu, kata Dendy, layanan tersebut akan diutamakan untuk penerbangan dengan waktu lebih dari dua jam.

"Kami kan banyak (perbangan) yang lebih dari dua jam. Artinya mereka membutuhkan sesuatu, bukan hanya hiburan tapi juga akses informasi," kata Dendy.

Peluncuran layanan WiFi dan inflight entertainment dalam penerbangan AirAsia Indonesia di Kantor Pusat AirAsia Indonesia, RedHouse, Tangerang, Jumat (10/11/2017). KOMPAS.COM/Anggita Muslimah Peluncuran layanan WiFi dan inflight entertainment dalam penerbangan AirAsia Indonesia di Kantor Pusat AirAsia Indonesia, RedHouse, Tangerang, Jumat (10/11/2017).
Ia mencontohkan penerbangan dari Jakarta ke Macau yang membutuhkan waktu penerbangan selama lima jam. Sehingga, kata Dendy, tentu penerbangan tersebut sangat tepat untuk dilengkapi dengan fasilitas WiFi dan inflight entertaintment.

Untuk bisa menggunakan layanan tersebut, penumpang harus mengaktifkan fitur WiFi dalam mode pesawat pada ponsel atau gawai terlebih dahulu. Kemudian Anda bisa menghubungkan dengan WiFi AirAsia-ROKKI.

(Baca juga : Pesawat AirAsia Bercorak Indonesia Akan Terbangi Rute Domestik dan Internasional)

Untuk layanan inflight entertainment, penumpang tinggal menghubungkan ke WiFi yang ada di dalam pesawat tanpa dipungut biaya. Kemudian, penumpang dapat membuka rokki.com dan memilih hiburan yang disukai.

Namun, perlu Anda ketahui, untuk layanan internet dengan WiFi Anda harus persiapkan biaya, karena tidak diberikan secara cuma-cuma.

IlustrasiFREEPIK.com/STOCKSNAP Ilustrasi
Ada dua pilihan paket yang ditawarkan diantaranya, paket chat seharga Rp 30.000 dengan kapasitas 3 megabyte (MB). Lalu, paket internet seharga Rp Rp 60.000 dengan kapasitas 10MB.

Sebelumnya, layanan internet WiFi sudah ada di pesawat yang ada di Malaysia AirAsia. Sementara fasilitas WiFi di AirAsia Indonesia pertama terdapat di pesawat dengan kode PK-AXV, pesawat berbasis di Jakarta, tipe Airbus A320 dengan kapasitas 180 bangku.

(Baca juga : Bersantai Menunggu Pesawat di AirAsia Premium Red Lounge )

Di tahun 2018, Dendy menargetkan ada 10 pesawat yang sudah terpasangan dengan fasilitas layanan WiFi dan inflight entertainment.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com