Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkat Potensi Kopi Robusta, 1.000 Gelas Kopi Dibagikan Gratis

Kompas.com - 11/11/2017, 09:33 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - Sebanyak 1.000 gelas kopi Robusta dibagikan gratis dalam acara Robusta Fiesta di Kampus Universitas Jember, Jawa Timur, Jumat (10/11/2017).

Acara yang digelar Universitas Jember, PTPN XII, Bank Indonesia, Gabungan Perusahaan Perkebunan, dan PWI itu untuk mengangkat potensi kopi Robusta di Kabupaten Jember, yang cukup melimpah.

"Potensi kopi Robusta di Jember cukup luar biasa, ada sekitar 6 ribu hektar luas lahan kopi yang tersebar di sejumlah kecamatan," kata Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Jember, Achmad Subagiyo.

(Baca juga : Cupping Kopi, Apa Fungsinya?)

Menurut dia, jika dibandingkan dengan kopi Robusta dari daerah lain, Robusta Jember memiliki rasa yang berbeda. "Rasa pahitnya itu berbeda, sangat pahit kopinya, dan warna hitamnya cukup pekat," katanya.

Unej sendiri, lanjut Subagiyo, sudah melakukan pendampingan terhadap petani kopi Robusta di daerah Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo. "Kita dampingi mulai dari teknik budidaya, kemudian pengelolahan, penguatan kelembagaan petani, hingga informasi pasar kita sediakan," katanya.

(Baca juga : 5 Kedai Kopi Berkonsep Retro di Kyoto)

Dia berharap, dengan kegiatan tersebut kopi Robusta Jember semakin dikenal, sehingga berdampak terhadap kesejahteraan petani. "Kita ingin ketika kopi semakin dikenal, maka semakin banyak pembeli yang datang langsung ke Jember," harapnya.

Pengunjung Robusta Fiesta menunjukkan gelas kopi robusta di Kampus Universitas Jember, Jawa Timur, Jumat (11/10/2017).KOMPAS.com/AHMAD WINARNO Pengunjung Robusta Fiesta menunjukkan gelas kopi robusta di Kampus Universitas Jember, Jawa Timur, Jumat (11/10/2017).
Sementara, salah satu petani kopi rakyat, Dony A Waluyo mengapresiasi kegiatan festival kopi tersebut. "Festival ini cukup baik untuk mengenalkan kopi Robusta Jember. Kita selama ini berusaha sendiri, untuk memasarkan kopi," katanya.

Dony menambahkan, kopi Robusta di Jember belum dibentuk cluster. Sehingga, belum terpetakan dengan baik. "Pasca acara ini, kami berharap akan ada cluster kopi Robusta Jember," katanya.

Sementara Ketua Panitia Robusta Fiesta, Oryza Ardiansyah Wirawan menargetkan, pasca acara tersebut akan ada rumusan peraturan daerah yang berpihak dan melindungi petani.

"Kita akan dorong Unej, DPRD, dan Pemerintah Daerah untuk merumuskan peraturan daerah tentang pemberdayaan petani kopi Robusta di Jember," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com