Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lihat Komodo Tak Hanya di Pulau Komodo, di Sini Juga Bisa

Kompas.com - 14/11/2017, 06:19 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Ingin melihat secara langsung bagaimana pesona komodo? Tentu saja Anda bisa datang langsung ke Taman Nasional Komodo, di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, di mana terdapat banyak populasi komodo di sana.

Namun, perlu Anda ketahui, tidak hanya di Pulau Komodo, tetapi juga Anda bisa melihat komodo secara langsung di pulau lain yang masih termasuk dalam Kawasan Taman Nasional Komodo.

“Selain Pulau Komodo, ada juga (komodo) di Pulau Rinca, Pulau Padar, Pulau Gili Montang, Pulau Nusa Kode. Tapi di Pulau Padar sekarang hanya ada sekitar tiga komodo,” kata Kepala Balai Taman Nasional Komodo, Sudiyono kepada KompasTravel, Senin (13/11/2017).

(Baca juga : Jetski Dilarang di Kawasan TN Komodo)

Adapun jumlah komodo yang ada di setiap pulaunya, secara rinci di Pulau Komodo ada sekitar 1.377 komodo, di Pulau Rinca 1.533 komodo, di Pulau Padar ada tiga komodo, di Pulau Gili Montang ada 59 komodo, dan di Pulau Nusa Kode ada 44 komodo.

Satwa endemik Komodo (Varanus komodoensis) di Pulau Rinca, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Senin (4/6/2012).   KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZESKOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Satwa endemik Komodo (Varanus komodoensis) di Pulau Rinca, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Senin (4/6/2012). KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES
Dari data yang dihimpun KompasTravel, menunjukkan populasi komodo terbanyak ada di Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Sudiyanto mengatakan ada beberapa perbedaan tersendiri pada komodo dari dua pulau tersebut.

“Secara umum komodo yang ada di Pulau Komodo (tubuhnya) lebih besar daripada yang ada di Pulau Rinca,” katanya.

(Baca juga : Selain Komodo, Pink Beach di Flores Juga Memikat Wisatawan)

Perbedaan lainnya, menurut Sudiyono, ada pada pakan komodo itu sendiri. Di Pulau Komodo, pakannya biasanya hanya terdapat kerbau, rusa, dan sapi. Namun, di Pulau Rinca, ada pilihan lainnya yaitu kuda dan kera ekor panjang.

Lalu juga kondisi atau panorama yang berbeda antara dua pulau tersebut. Di Pulau Komodo sendiri cenderung lebih banyak semak belukar. Sementara di Pulau Rinca merupakan padang rumput dan terdapat banyak pohon palem.

Wisatawan berfoto di puncak bukit di Pulau Padar dengan latar belakang teluk-teluk yang ada di pulau yang berada di kawasan Taman Nasional Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, tersebut, 31 Agustus 2015.KOMPAS/YOVITA ARIKA Wisatawan berfoto di puncak bukit di Pulau Padar dengan latar belakang teluk-teluk yang ada di pulau yang berada di kawasan Taman Nasional Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, tersebut, 31 Agustus 2015.
Sudiyono menjelaskan, komodo yang berada di setiap pulaunya memang sudah berada di pulau tersebut sejak mereka lahir hingga bertumbuh lebih besar. Sehingga ini pula yang menyebabkan genetik mereka berbeda-beda dan memiliki identitas tersendiri, seperti halnya sifat yang dimiliki.

Berbeda dengan Pulau Komodo dan Pulau Rinca, populasi komodo di Pulau Gili Montang dan Pulau Nusa Kode dikatakan semakin menurun.

Sudiyono menambahkan, penurunan tersebut masih dalam analisa. Dugaan sementara, faktor penyebab penurunan populasi komodo karena habitatnya yang dulunya padang rumput berganti menjadi semak belukar. Makanan bisa jadi salah satu faktor karena komodo kesulitan bertahan hidup.

*******************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com