Kompas.com - 14/11/2017, 09:06 WIB
|
EditorSri Anindiati Nursastri

AMBON, KOMPAS.com - Saat melancong di Ambon, jangan lupa menyempatkan diri untuk melewati dan melihat langsung jembatan terpanjang di Indonesia bagian timur.

Jembatan Merah Putih, begitu namanya, membentang sepanjang 1.140 meter. Jembatan kebanggaan Ambon ini membentang di atas Teluk Ambon yang terkenal keindahannya.

"Sejak diresmikan pada April 2016, jembatan ini kini menjadi ikon wisata Ambon," ujar Henry Marijes Sopachua selaku Kepala Dinas Pariwisata Kota Ambon kepada KompasTravel, Sabtu (11/11/2017).

Baca juga : Gairah Pariwisata Ambon Menuju Kota Musik Dunia

Birunya laut dengan hilir mudik kapal-kapal besar menyapa KompasTravel saat berkunjung ke Jembatan Merah Putih dalam Culture and Culinary Trip yang diadakan PT JAS Airport Service. Bahkan saat itu para penerbang paralayang sedang unjuk kebolehan terbang di atas tenangnya arus teluk tersebut.

Tak perlu ke pantai ataupun bukit untuk melihat pemandangan seindah itu. Di Ambon Anda bisa melihatnya di kota, bahkan di perjalanan dari Bandara Pattimura hingga pusat Kota Ambon.

Jembatan Merah Putih diresmikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), Senin (4/4/2016).Dokumentasi Pusat Komunikasi Publik Kementerian PUPR Jembatan Merah Putih diresmikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), Senin (4/4/2016).

Pemandangan tersebut seolah menjadi sambutan yang menarik, dan jadi penawar lelah perjalanan jauh yang ditempuh dari Pulau Jawa. Asyiknya, suasana tersebut dapat Anda nikmati sekitar tiga-empat menit, selama kendaraan Anda melaju melewati panjangnya jembatan itu.

Baca juga : Bendera Sepanjang 4 Kilometer Dikibarkan di Jembatan Merah Putih Ambon

Sore dan menjelang malam, pemandangan pun berganti. Matahari terbenam di sisi barat teluk, gurat senjanya menyelinap di antara kapal-kapal yang hilir mudik.

Sementara itu, menjelang malam, lampu-lampu perkotaan pun kian gemerlap. Menambah ramai pemandangan malam Ambon kala itu.

"Di akhir pekan, semakin malam semakin ramai wisatawan yang berfoto. Dengan latar belakang gemerlap lampu kota, dan sesekali lampu kapal berseliweran," ujar Henry.

Baca juga : Kapal Pesiar Berbendera Jepang Singgahi Kota Ambon

Henry menjelaskan bahwa jembatan yang belum lama diresmikan Presiden Joko Widodo tersebut efektif menyingkat waktu perjalanan hingga 30 menit. Jika dahulu dari Bandara Pattimura ke Kota Ambon harus menempuh 60 menit lebih dengan jarak 35 kilometer dengan memutari teluk, kini perjalanannya hanya 30 menit.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.