Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hangatnya Jalan Said, Surganya "Coffee Shop" di Ambon

Kompas.com - 14/11/2017, 14:04 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Tren kopi tak hanya menghampiri warga kota besar seperti Jakarta. Di Ambon, wisatawan bisa mengunjungi Jalan Said Perintah yang penuh deretan kedai kopi.

Jalan ini terletak di tengah kota. Hanya 15 menit dari pusat Kota Ambon, Lapangan Merdeka, juga Monumen Gang Perdamaian. 

"Sejak puluhan tahun lalu di sini ramai pedagang kopi," ujar Lenny, salah satu tour guide Ambon di sela-sela Culture and Culinary Trip yang diadakan PT JAS Airport Service, Rabu (11/11/2017).

Baca juga : Ini Dia Kopi Rarobang, Racikan Asli Orang Ambon

Dari pantauan KompasTravel, ada lebih dari tujuh kafe besar dan kecil di jalan ini. Belum termasuk warung-warung kopi sederhana yang juga tak kalah ramai dikunjungi. Di kedai-kedai ini ramai terlihat wisatawan, anak muda, hingga supir taksi yang menyeruput kopi.

Beberapa kafe atau kedai yang sudah terkenal ialah Rumah Kopi Joas, Kafe Sibu-sibu, Toko Kopi Ambon, dan yang lainnya. Mereka menawarkan aneka kopi seperti kopi rarobang madu, kopi rarobang biasa, kopi klasik, dan lain-lain.

Olnes, salah satu warga setempat mengatakan jalan tersebut lebih dikenal dengan sebutan "Pangkalan Taksi". Tempat ini memang merupakan spot berkumpulnya taksi di Kota Ambon.

Kopi tradisional Ambon, dengan jahe dan taburan biji ketapang diatasnya. KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Kopi tradisional Ambon, dengan jahe dan taburan biji ketapang diatasnya.

Lenny sendiri kurang paham kenapa jalan tersebut jadi ramai oleh para penyedia dan penikmat kopi. Banyaknya bangunan perkantoran juga membuat kedai-kedai di sana kerap ramai dengan para pekerja yang beristirahat. Sedangkan pada akhir pekan, jalan tersebut ramai oleh wisatawan dan muda-mudi Ambon.

"Kurang tahu asal-usulnya, cuma memang ada beberapa (kafe) yang terkenal enak," ujar Olnes.

Baca juga : Menyusuri Jembatan Merah Putih, Ikon Baru Pariwisata Ambon

KompasTravel  berkunjung ke salah satu kafe di sana, yaitu Sibu-sibu. Kafe yang berkonsep seperti bar ini memanjang puluhan foto orang terkenal di Indonesia dan dunia yang berdarah Maluku, terutama Ambon. Mulai dari Ray Sahetapy, Bob Tutupoli, hingga Giovanni van Bronckhorst sang legenda sepakbola Belanda.

Kopi di sini harganya berkisar Rp 10.000 hingga Rp 20.000. Selain itu Anda juga bisa memesan susu, jus, smoothies, milkshake, minuman cokelat, dan banyak lagi. Sedangkan untuk camilan tersedia singkong, pisang goreng, juga kentang goreng dengan harga sekitar Rp 23.000.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com