Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kiat Berlibur ala Backpacker ke Ubud

Kompas.com - 17/11/2017, 08:10 WIB
WIENDA PUTRI NOVIANTY

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bali memang identik sebagai salah satu destinasi wisata populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Bagaimana tidak? Deretan pantai cantik, hamparan sawah nan hijau hingga tak ketinggalan pemandangan bawah lautnya yang memukau menjadi daya tarik yang dihadirkan di Bali.

Selain itu, budayanya yang masih kental membuat Bali terasa spesial di mata para wisatawan.

Ubud menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang digemari para pelancong setelah Kuta dan Denpasar. Di Ubud Anda akan cenderung disajikan pemandangan yang lebih hijau. Bukit serta terasering akan menghiasi pemandangan Anda selama berkunjung ke sini.

(Baca juga : Ubud, Bali Masuk sebagai 15 Kota Terbaik di Dunia!)

Bagi Anda yang berminat ingin memulai perjalanan berjelajah Anda ke Ubud ini,  segera siapkan ransel Anda dan ikuti beberapa kiat yang dihimpun KompasTravel.

1. Akses Menuju Ubud

Pertama-taman tentu Anda harus mendarat ke Pulau Dewata. Bagi Anda yang tinggal diluar pulau Bali, tersedia banyak pilihan transportasi mulai dari pesawat, kapal, hingga bus umum.

Persawahan di Desa Ubud, Gianyar, Bali, Sabtu (19/3/2016).BARRY KUSUMA Persawahan di Desa Ubud, Gianyar, Bali, Sabtu (19/3/2016).
Bagi Anda yang ingin memulai perjalanan menggunakan pesawat, Anda bisa melakukan pemesanan tiket pesawat jauh sebelum tanggal keberangkatan Anda sehingga masih banyak promo tiket pesawat yang tersedia.

(Baca juga : Nikmati Bebek Sungai di Kampung Wisata Ubud)

Sedangkan bagi Anda yang ingin menghemat budget, Anda bisa menggunakan bus umum ataupun kereta hingga Banyuwangi, Jawa Timur, kemudian dilanjutkan menggunakan feri menuju pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali.

Untuk menuju Ubud di Kabupaten Gianyar, tersedia beberapa alternatif transportasi umum.  Mirip dengan Trans Jakarta, ternyata di Bali juga memiliki bus sebagai angkutan umum namanya Trans Sarbagita.

Kolam renang di Padma Resort UbudDok. Padma Resort Ubud Kolam renang di Padma Resort Ubud
Anda bisa memulai perjalanan dari Bandara Ngurah Rai menuju Kuta Sentral Parkir. Dari situ, Anda bisa mencari koridor II dari Trans Sarbagita yang melayani rute Nusa Dua (BTDC) – Batubulan. Kemudian dari Batubulan, dilanjutkan menggunakan bemo menuju Ubud.

Anda juga bisa menggunakan bus elf sebagai pilihan transportasi lain. Namanya Bus Kura-kura, sejenis bus travel yang menyediakan jasa antar wilayah. Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 80.000 dengan titik keberangkatan yakni T Galleria DFS.

Pilihan lain juga tersedia, Anda bisa menggunakan jasa antar menggunakan mobil yang biasanya ditawarkan di bandara. Namun untuk harga transportasi ini  terbilang cukup mahal.

Fasilitas kolam renang di salah satu kamar Four Season Resort at Sayan, Ubud, Bali. Dok. Four Season Fasilitas kolam renang di salah satu kamar Four Season Resort at Sayan, Ubud, Bali.
2. Akomodasi

Untuk akomodasi tak usah khawatir, Anda akan menemukan banyak sekali pilihan penginapan mulai dari hostel, hotel hingga villa yang tersedia di setiap sudut kota Ubud.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com