Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tempat-tempat Menyantap Papeda Kuah Kuning Khas Maluku

Kompas.com - 18/11/2017, 16:34 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Jika bertanya makanan apa yang wajib dicoba saat berkunjung ke Maluku, jawabannya ialah papeda ikan kuah kuning.

Hidangan ini begitu khas, hingga seringkali digunakan untuk menyambut tamu wisatawan oleh para travel agent di Ambon, Provinsi Maluku.

"Wajib harus coba, biasanya kita kasih disantap pertama sesampainya di Ambon," ujar Olnes, salah satu pemandu wisata pada KompasTravel, Sabtu (11/17/2017).

(Baca juga : Sedapnya 6 Kuliner yang Harus Anda Coba di Ambon, Maluku)

Nikmatnya rempah bercampur kesegaran ikan kuah kuning ini cukup mudah ditemui. Bagi Anda yang akan berkunjung ke Maluku, terutama Pulau Ambon, berikut KompasTravel rangkum tempat-tempat yang menyediakan papeda ikan kuah kuning.

Menikmati hidangan seafood khas Maluku di atas kapal, resto Dua Ikan, Ambon.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Menikmati hidangan seafood khas Maluku di atas kapal, resto Dua Ikan, Ambon.

1. Resto dua ikan

Resto yang berada di Jalan Wolter Monginsidi No.1, Lateri, Baguala, Kota Ambon, Maluku ini cukup unik. Anda bisa makan seperti di kapal yang bersandar.

(Baca juga : Wajib Coba! Gurihnya Papeda Ikan Kuah Kuning Ambon yang Buat Penasaran)

Resto ini di desain seperti dermaga, dengan beberapa meja ada di atas kapal yang sedang bersandar. Juga Posisi Anda makan bisa langsung menghadap ke Teluk Ambon

2. Resto Wai Lela

Resto yang satu ini juga tepat berada di pinggir Teluk Ambon yakni di Jalan Ir M Putuhena, Rumah Tiga, Kota Jawa, Ambon.

(Baca juga : Liburan ke Ambon, Wajib Coba Kuliner Sagu Gula Aren yang Kian Langka)

Pemandangan siang hingga sore di resto ini amat menyejukkan. Di pinggir teluknya, suasana ditata seperti di pinggir pantai. Sehingga wisatawan bisa bersantai di payung-payung sambil menikmati lezatnya papeda ikan kuah kuning.

3. Pumah Makan Paradise

Berada di Jalan Said Perintah No.15, Kel Wainitu, Nusaniwe, Kota Ambon, Maluku. Di sini ada berbagai kudapan tradisional Maluku. Suasana yang dihadirkan pun cukup tradisional, dekorasi khas Maluku.

Pemandangan Teluk Ambon dari Resto Wai Lela,  di Jalan IR M. Putuhena,  Ambon. KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Pemandangan Teluk Ambon dari Resto Wai Lela, di Jalan IR M. Putuhena, Ambon.

4. Rumah Makan Sari Rasa Ambon

Ini dia salah satu rumah makan di Kota Ambon yang hampir selalu penuh oleh pengunjung. Pengunjungnya tak hanya wisatawan, tapi juga warga yang berkantor di Kota Ambon.

Sari Rasa berlokasi di Jalan Anthony Rebok, Honipopu, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Maluku.

5. Rumah Makan JK Saparua

Saat Anda berkunjung ke Pulau Saparua, pun Anda masih bisa mencicipi hidangan khas Maluku tersebut. Salah satu yang tersohor menyediakannya, ialah resto JK yang ada di Jalan Tiouw, Pulau Saparua, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku.

Di berbagai tempat tersebut, harga papeda kuah kuning sangat bervariasi. Untuk resto yang spesialis seafood seperti Dua Ikan, Wailela, Paradise, dan Sari Rasa, dijual Rp 15.000 - Rp 25.000 per satu ons.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com