Kompas.com - 19/11/2017, 17:36 WIB
Suasana di depan Istana Buckingham di London, Senin (6/11/2017), sebelum upacara pergantian pasukan pengawal kerajaan berlangsung. KOMPAS.com/Caroline DamanikSuasana di depan Istana Buckingham di London, Senin (6/11/2017), sebelum upacara pergantian pasukan pengawal kerajaan berlangsung.
|
EditorI Made Asdhiana

LONDON, KOMPAS.com

6 November 2017

Suasana kamar pagi ini terasa lebih dingin dibanding hari kemarin. Saya masih bersembunyi di balik selimut padahal saya sudah mengenakan long john, pakaian dalam dari bahan wol atau bahan berbulu lain yang lembut dan hangat yang biasa dipakai kala musim dingin, kaus plus sweater dan tak lupa kaus kaki wol favorit saya yang selalu saya bawa selama bepergian ke luar negeri.

Bisa jadi karena udara hari ini bakal lebih dingin. Bisa jadi karena badan saya kurang enak karena saya kurang tidur karena masih mengalami “jetlag”. Malam sebelumnya saya tidur jam 00.00 waktu setempat lalu bangun jam 02.30 dan tak bisa tidur lagi.

Saya bergegas mandi dengan air hangat supaya saya merdeka dari rasa kantuk dan belenggu dingin. Saya lalu mengenakan atasan lurik hitam putih berlengan pendek, plus kaus wol lengan pendek sebagai lapisan di dalamnya, dan bawahan hitam plus celana long john.

Pagi ini saya berencana sarapan lebih cepat. Di tengah udara dingin di negeri orang, bagi saya, makan secukup-cukupnya adalah pelarian terbaik. Toh, sebagai traveller di negeri orang, kami mengandalkan jalan kaki dan naik turun tube, kereta bawah tanah kebanggaan London. Kalori yang masuk dan keluar bakal impas.

“Enggak bakal kedinginan nanti?” tanya Bianka Syarief, staf Kedutaan Besar Inggris di Jakarta yang mendampingi kami dalam perjalanan ke London, ketika melihat kostum saya.

“Sepertinya enggak. Bawa coat juga,” jawab saya sebelum dia keluar dari The Grosvenor Arm, restoran di The Grosvenor Hotel, tempat kami menginap di 101 Buckingham Palace Rd, London.

Di sela menikmati english breakfast pagi itu, Bianka kembali mengingatkan bahwa pagi ini udara di London lebih dingin dari kemarin. Sekitar 3 derajat pada pagi hari sekitar jam 05.00. Hah?

(Baca dulu: Apa Kabar London Hari Ini? (1))

 

Jika berkunjung ke negara empat musim dalam suasana musim gugur dan dingin, pastikan membawa sepaket pakaian ini, yaitu jaket tebal atau coat, sweater atau pakaian berbahan tebal, long johns, beanie atau topi hangat semacam kupluk dan biasanya berupa rajutan, syal, sarung tangan, penutup telinga, kaus kaki tebal dan sepatu boot atau sneakers.KOMPAS.com/Caroline Damanik Jika berkunjung ke negara empat musim dalam suasana musim gugur dan dingin, pastikan membawa sepaket pakaian ini, yaitu jaket tebal atau coat, sweater atau pakaian berbahan tebal, long johns, beanie atau topi hangat semacam kupluk dan biasanya berupa rajutan, syal, sarung tangan, penutup telinga, kaus kaki tebal dan sepatu boot atau sneakers.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.