Kompas.com - 21/11/2017, 16:08 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Saat liburan ke Jepang, rasanya tidak afdol jika belum berfoto mengenakan kimono atau yukata. Jangan salah, ini adalah dua jenis pakaian yang berbeda.

"Kimono pada dasarnya terbuat dari sutra, dan harganya sangat mahal," tutur Teddy Murakami, pemandu yang mengantarkan KompasTravel berkeliling Hiroshima di sela-sela media trip dari Silk Air beberapa waktu lalu.

Kimono adalah pakaian tradisional Jepang yang berasal dari era Muromachi (1392-1568). Namun kini, semakin sedikit warga Jepang yang mengenakan kimono karena harganya yang sangat mahal dan pemakaiannya yang sulit.

Baca juga : Cantiknya Musim Gugur dan Pohon Maple di Kyoto, Jepang

Gaya dari pemakaian kimono juga merepresentasikan status sosial seseorang. Komon adalah tipe kimono paling umum yang digunakan oleh wanita Jepang. Wanita lajang juga biasa mengunakan furisode yang memiliki bentuk serupa.

"Lain halnya dengan yukata. Istilah bagi yukata adalah summer kimono, terbuat dari katun dan bahan lain mudah menyerap keringat," tambah Teddy.

Yukata memang biasa digunakan pada musim panas. Pakaian tradisional ini biasa digunakan pada acara-acara dan festival sepanjang musim panas.

Baca juga : Mencicipi Yakimeshi, Nasi Goreng Khas Jepang

Pada zaman dahulu, yukata digunakan para perempuan sebagai baju saat hendak mandi. Yukata juga sangat populer pada zaman Edo (1603-1868). Pada saat itu, terdapat peraturan yang melarang para penduduk Jepang untuk memiliki kehidupan yang tampak mewah.

Kedua pakaian tradisional ini biasanya dipasangkan dengan alas kaki. Kimono biasanya dipasangkan dengan zori, sementara yukata dipasangkan dengan geta yang terbuat dari kayu.

Tak hanya perempuan, kimono dan yukata juga digunakan oleh laki-laki. Bahkan yukata khusus laki-laki cenderung lebih stylish, dengan obi (kain pinggang) berada di pinggul.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.