Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepenggal Sejarah Marga Nasution Milik Bobby Menantu Jokowi

Kompas.com - 21/11/2017, 19:04 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seusai proesesi pernikahan adat di Solo, putri Presiden Jokowi yakni Kahiyang Ayu dan suaminya Muhammad Bobby Nasution melanjutkan prosesi serupa di Medan. Bobby memang berasal dari ibu kota Sumatera Utara itu, tepatnya dari marga Batak.

Dalam resepsi pernikahan adat Batak, terdapat prosesi pemberian marga dari keluarga Bobby. Marga yang diberikan tentunya ialah Nasution atau Nasoetion, sesuai garis keturunan keluarga Bobby.

Berbicara soal marga tersebut, ternyata marga Nasoetion memiliki sejarah yang agung. Seorang Pakar Antropologi Universitas Indonesia, Erlina Pardede, menjelaskannya kepada KompasTravel saat berbincang pada Jumat (17/11/2017).

Baca juga : 10.000 Tamu Pesta Adat Kahiyang dan Bobby, Hotel di Medan Hampir Penuh

Menurut Erlina, garis keturunan Nasoetion merupakan salah satu pionir etnis Mandailing atau salah satu marga tertua di Mandailing.

"Sejarah Nasoetion itulah marga yang tertua dari Suku Mandailing, nenek moyangnya ada dari istana kerajaan Pagaruyung, Minangkabau," terang antropolog berdarah Batak tersebut.

Meski Nasoetion banyak tinggal di Medan terutama di Kabupaten Natal dan Padang Lawas, tetapi nenek moyangnya justru di wilayah Kerajaan Pagaruyung, Minangkabau.

Baca juga : Wisata Toleransi di Lokasi Pesta Adat Kahiyang dan Bobby

Sebelum abad 18, nenek moyang mereka membentuk Kesultanan Mandailing. Dari kesultanan tersebutlah lahir marga-marga Mandailing seperti Nasoetion, Lubis, dan lainnya. Salah satu ciri khas etnis Mandailing ialah begitu nampak garis aristokrat atau garis kebangsawanannya.

"Jadi marga itu memang berasal dari keturunan sebuah kesultanan," terang Erlina Pardede.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com