Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantai Krokoh, Keindahan Gunungkidul yang Belum Terjamah

Kompas.com - 23/11/2017, 08:17 WIB
Markus Yuwono

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Garis panjang pantai di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, sekitar 80 km. Baru separuh yang dijadikan lokasi obyek wisata, sementara sisanya masih belum tergarap dengan baik. Salah satunya Pantai Krokoh di dusun Putat, Desa Songbanyu, Kecamatan Girisubo.

Dengan hamparan pasir putih pantai yang tepatnya di sebelah timur Pelabuhan Sadeng ini cocok untuk pelancong yang ingin berkemah.

Menuju batas kampung masih cor beton dan untuk menuju ke Pantai Krokoh dari ujung dusun sekitar 900 meter melewati jalan yang dibuat warga. Menurut rencana jalan ini akan diprogramkan dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tahun 2018.

(Baca juga : Liburan ke Gunungkidul, Yuk Jajal Flying Fox Terpanjang Kedua di Asia Tenggara)

Rabu (22/11/2017) jajaran ASN Kodim 0730/GK dan Minved IV-16/GK melakukan bakti sosial membersihkan pantai Krokoh. Ini adalah pantai yang cukup indah dan alami.

Pantai ini diapit oleh dua tebing pegunungan yang biasanya digunakan oleh para pemancing.

Dandim 0730/GK Letkol Inf Muh Taufik Hanif Y menyampaikan Pantai Krokoh dipilih sebagai kegiatan bakti sosial bersih-bersih pantai dalam rangka menyambut HUT ke-46 Korpri.

(Baca juga : Jungwok, Pantai Berpasir Putih di Selatan Yogyakarta)

Sebanyak 50 orang anggota Kodim dan ratusan warga sekitar membersihkan pantai. "Agar pantai Krokoh menjadi bersih, indah, nyaman dan bisa dikenal oleh masyarakat untuk berwisata di tempat ini," kata Taufik.

Sampah berupa ranting pohon bambu, kayu, pelepah kelapa, sampai botol minuman plastik memenuhi pantai Krokoh.

Dandim meminta kepada masyarakat dan Kelompok Sadar Wisata untuk tetap menjaga kebersihan pantai Krokoh. "Dengan kebersihan maka akan tercipta kesehatan. Hidup sehat dan peduli lingkungan akan menimbulkan banyak manfaat bagi manusia," ucapnya.

Kepala Dusun Putat, Desa Songbanyu, Slamet Sutrisno mengatakan, pihaknya menyambut baik upaya Kodim 0730 Gunungkidul. Alasannya, potensi yang ada sampai saat ini belum dikelola dengan baik sehingga belum menghasilkan manfaat ekonomi bagi masyarakat.

"Pantai Krokoh ini sangat bagus karena pasirnya putih, dan masih banyak hewan kecil hidup bebas," katanya.

Menurut Sutrisno, untuk mencapai pantai Krokoh memerlukan perjuangan cukup berat. Jika pengunjung dari arah Wonosari, lebih baik melalui Pracimantoro, Wonogiri. "Semoga jalannya dibangun pada tahun 2018 melalui TMMD," katanya.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com