Kompas.com - 23/11/2017, 15:08 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com – Puncak resepsi pernikahan Kahiyang-Bobby di Medan akan dilaksanakan Minggu (26/11/2017). Berbagai kelengkapan untuk resepsi pun sudah dipersiapkan, salah satunya katering.

Namun, pemilik Putri Catering Medan, Cut Mimi, merupakan vendor catering yang menyiapkan makanan untuk resepsi Kahiyang mengatakan tidak ada sajian makanan khas Sumatera pada saat resepsi tersebut.

“Kalau makanan khas Sumatera nggak ada di resepsi. Ini permintaan Bobby dan keluarganya, karena saat resepsi tamunya kan dari berbagai suku,” ujar Cut Mimi saat dihubungi KompasTravel, Selasa (21/11/2017).

(Baca juga : Makna Ulos di Perkawinan Adat Batak Bobby-Kahiyang Ayu, Apa Sih?)

Ia menjelaskan, untuk makanan khas Sumatera sendiri sudah difokuskan pada saat upacara adat yang dilakukan pada tanggal 24 hingga 25 November 2017. Sehingga saat resepsi, makanan yang disajikan adalah makanan nusantara.

“Makanannya sih di mix dengan daerah lain, karena tamu berasal dari berbeda suku, jadi sesuai selera (tamu),” kata Mimi.

Sebanyak 15 sado dari Kota Berastagi turut memeriahkan kirab budaya acara puncak dan penutupan Manopot Horja atau Ngunduh Mantu putri Presiden, Selasa (21/11/2017).KOMPAS.com/Mei Leandha Sebanyak 15 sado dari Kota Berastagi turut memeriahkan kirab budaya acara puncak dan penutupan Manopot Horja atau Ngunduh Mantu putri Presiden, Selasa (21/11/2017).
Adapun makanan yang disajikan saat resepsi Kahiyang-Bobby di Medan mendatang, Mimi menyebutkan beberapa diantaranya, ada dimsum, cah brokoli, udang telur asin, tom yam, dan kebab.

(Baca juga : Syukuran Nikah Kahiyang, Saatnya Wisata Kuliner di Kampung Halaman Bobby)

Sementara itu, camilan khas tanah Batak pun diakui Mimi tak disajikan pada saat resepsi.

“Nggak ada juga (camilan khas Batak). Karena takut nggak tahan lama, soalnya pakai santan. Sementara kita buat porsi besar,” kata dia.

(Baca juga : Wisata Toleransi di Lokasi Pesta Adat Kahiyang dan Bobby)

Namun, Mimi mengatakan, nantinya akan disajikan minuman kopi khas Mandailing untuk para tamu yang datang di acara resepsi.

Sebelumnya, Kahiyang dan Bobby sudah melewati prosesi adat Haroan Boru, satu dari 15 prosesi adat pernikahan suku Mandailing pada Minggu (19/11/2017). Kemudian adalah prosesi Mangalehan Marga atau pemberian marga kepada Kahiyang pada Selasa (21/11/2017) di rumah Doli Sinomba Siregar di Jalan STM Medan.

Pengantin Bobby Afif Nasution dan Kahiyang Ayu.Fabian Januarius Kuwado Pengantin Bobby Afif Nasution dan Kahiyang Ayu.
Doli adalah saudara laki-laki tertua Ibu Bobby. Dalam adat Mandailing dan Batak, Doli disebut tulang atau paman. Acara adatnya adalah pada Doli adalah tulang atau paman dari pihak ibu Bobby.

Selanjutnya, akan digelar pesta adat Kahiyang-Bobby di Medan akan dilaksanakan pada 24 hingga 25 November 2017, dan puncak resepsi pada 26 November 2017.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.