Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jemaah Dilarang Berfoto di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Kompas.com - 23/11/2017, 17:26 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi menginstruksikan peraturan baru untuk jamaah haji dan umrah. Jamaah haji dan umrah kini dilarang berfoto di dua masjid suci umat Islam, Masjid Nabawi (Madinah) dan Masjidil Haram (Mekah).

Hal ini disampaikan lewat nota diplomatik Kementerian Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi yang diterima KompasTravel, Kamis (23/11/2017).

Larangan tersebut berlaku untuk jamaah dari negara manapun, menggunakan alat apapun untuk mengambil gambar.

Baca juga : Sebelum Beli Paket Umrah Murah, Mari Teliti Hal Ini

Dalam nota diplomatik tersebut, tertulis Kerajaan Arab Saudi telah menerima laporan dari pihak yang berwenang. Sebagian jemaah haji dari berbagai negara menaikkan bendera mereka dan mengambil foto tersebut. Hal tersebut banyak ditemui di kedua masjid suci, terutama Masjidil Haram.

"Ketika diperingati dan dinasehati dari pihak keamanan masjid bahwa ada larangan, mereka berdalih ini untuk kenang-kenangan. Tidak tahu bahwa ada peraturan yang melarang pengambilan gambar itu," ujar Mohammed Saleh bin Taher Benten, Menteri Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi dari siaran pers yang diterima KompasTravel.

Peraturan ini dibuat untuk mempertimbangkan kesucian dua masjid tersebut. Selain itu juga demi terciptanya suasana ibadah nyaman bagi orang-orang yang ada di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram.

"Pengambilan gambar tersebut dinilai menggangu suasana ibadah, dann memancing perasaan jamaah yang berada di dua masjid suci tersebut," ujar Mohammed Taher.

Baca juga : Ingin Umrah Backpacker, Kapan Waktu Terbaik untuk Mengurus Visa?

Kerajaan Arab Saudi juga menghimbau agar peraturan larangan berfoto tersebut lebih ditekankan lagi dalam sosialisasi pada jamaah haji dari masing-masing negara. Hal tersebut berlaku baik bagi yang menggunakan kamera handphone atau kamera biasa, kamera televisi, kamera video, dan yang lainnya.

Jika jemaah "bandel" dan tetap mengambil gambar, gambar yang sudah diambil berhak untuk diambil oleh tim keamanan masjid. Bahkan kameranya juga, jika diperlukan.

"Jamaah agar lebih menghargai perasaan orang-orang yang beribadah di kedua masjid suci, tidak melakukan perbuatan yang vulgar, dan bersenda gurau saat beribadah," tutur Mohammed Taher.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com