Kompas.com - 25/11/2017, 13:07 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelato, merupakan salah satu hidangan dingin yang hampir mirip dengan es krim. Hidangan premium ini kini banyak ditiru dengan pencampuran yang salah, agar lebih murah produksinya.

Gelato dan es krim memang memiliki tampilan yang amat mirip. Sedangkan dari segi bisnis, es krim lebih menguntungkan dibanding gelato, karena dengan bahan yang sama, es krim akan mengasilkan dua sampai tiga kali lipat lebih banyak dari gelato.

Oleh karenanya, Anda jangan sampai tertipu saat membeli gelato. Harganya yang lebih mahal dari es krim, mengharuskan Anda lebih cermat dalam memilih gelato mana yang baik.

Para artisan ahli gelato di SIAL Interfood, berbagi tips kepada KompasTravel, bagaimana cara menilai gelato? Bagaimanakah ciri gelato yang bagus dan lezat?

Berikut tips yang dirangkum KompasTravel saat sesi Gelato Competition di SIAL Interfood, Kamis (23/11/2017).

Waffle dengan gelato di atasnya. Kompas.com/Ersianty Wardhani Waffle dengan gelato di atasnya.

1. Lihat Warnanya

Selain kadar lemak yang lebih sedikit dari es krim, gelato juga lebih sedikit mengandung udara. Penyelenggara kompetisi gelato dari Montebianco, Italia, Albert menyebutkan udara dalam gelato hanya 30 persennya dari yang terkandung dalam es krim.

"Udara tersebut masuk dalam partikel es, saat dalam mesin, sehingga mengembang. Namun, es krim mengembang dua-tiga kali lebih besar dari gelato," ujar chef Ragil Imam Wibowo, salah satu chef yang juga peggiat gelato citarasa Indonesia.

Oleh karenanya, gelato akan lebih padat dan warnanya solid. Sedangkan es krim akan lebih bercahaya, karena kadar udara dan airnya lebih banyak dari gelato.

2. Rasa Buah atau Campurannya Sangat Terasa

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.