Panen Durian di Berbagai Daerah, Saatnya Berburu Durian!

Kompas.com - 25/11/2017, 16:37 WIB
Mencicipi durian khas Pandeglang, Banten, saat Duren Fair 2016 di selasar A blok M square. KOMPAS.com/Muhammad Irzal AdiakurniaMencicipi durian khas Pandeglang, Banten, saat Duren Fair 2016 di selasar A blok M square.
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim durian telah tiba, di tahun ini panen durian di beberapa daerah lebih awal dari dua tahun kemarin. Berbagai daerah pemasok durian mulai Medan, Bogor, Semarang, Pati, Magelang, hingga Jawa Timur mulai bersiap panen raya.

Jika tahun kemarin, panen durian terjadi di awal tahun, bahkan ada yang gagal panen seperti di Semarang, Banjarnegara, dan DIY. Kini di bulan November 2017, beberapa petani durian menghubungi KompasTravel, bahwa duriannya sudah siap panen.

"Ini sudah banyak mas, malah mulai menipis panennya. Mungkin sampai bulan Januari, masih ada," ujar Waluyo, salah satu petani durian di Gunung Pati, Semarang kepada KompasTravel,  Senin (13/11/2017).

(Baca juga : Sebaiknya Anda Tahu, Ini Etika Para Penjual Durian!)

Durian yang sudah siap panen dari Gunung Pati sendiri, ialah durian monti (montong unung pati), dan durian daut yang terkenal dengan manis tebal dengan warna kuning keputihan.

Sementara itu, salah satu petani yang pernah menyabet gelar juara durian dengan durian kumbokarnonya, Giyanto mengatakan kebunnya sudah mulai panen. Kebun durian kumbokarnonya berada di Desa Candimulyo, Magelang.

Durian kumbokarno berasal dari Magelang, tepatnya Desa Candi Mulyo. KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Durian kumbokarno berasal dari Magelang, tepatnya Desa Candi Mulyo.
"Sudah mulai panen mas, tapi unggulannya belum keluar nih. Desember mungkin," tuturnya dalam pesan singkat pada KompasTravel, Rabu (15/11/2017).

(Baca juga : Ini Untung-Rugi jika Menikmati Durian Kupas)

Sedangkan di Pandeglang, Banten yang tahun 2016 menyabet juara umum di beberapa kompetisi durian unggul juga sudah mulai panen, meski kuota belum mencapai puncaknya.

"Sudah bisa pesan mas, sudah banyak yang beli satu pohon. Tapi kalau buat panen raya belum cukup, nanti harus disiapkan dulu pohon-pohon juaranya," terang Hamid, salah satu petani durian Si Wong di Pandeglang, Banten pada KompasTravel, Jumat (24/11/2017).

Bagi yang ingin memesan langsung dari pohonnya, lebih baik memesan jauh-jauh hari sebelum kedatangan Anda. Waluyo dari kebun durian Watusimbar, Gunung Pati, mengatakan harus konfirmasi lewat telpon minimal dua hari sebelum kedatangan.

Keistimewaan datang langsung ke kebunnya, tentunya Anda akan mendapat harga yang lebih murah dari festival atau super market. Anda juga bisa berbincang langsung mengenai durian dengan petani, dan menyantapnya langsung di kebunnya.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X