Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Pembatalan Penerbangan, Kemenpar Prediksi Kunjungan Turis Australia Turun 10 Persen

Kompas.com - 26/11/2017, 13:04 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kementerian Pariwisata, Vincentius Jemadu memerkirakan kunjungan wisatawan Australia turun sebanyak 10 persen akibat pembatalan penerbangan dari Australia menuju Bali. Angka tersebut masih berupa penaksiran dari pihak Kementerian Pariwisata.

"Sampai saat ini saya belum dapat angka yang pasti berapa penurunannya. Namun demikian kita tidak pungkiri adanya pembatalan penerbangan dan kami melihat ini hanya efek kejut saja karena semburan asap yang sifatnya freatik bukan magmatik. Banyak orang belum paham perbedaan antara freatik dan magmatik sehingga merasa khawatir. Efek kejut ini memang akan mempengaruhi kedatangam wisman dan penurunan diprediksi sekitar 10 persen," kata laki-laki yang akrab disapa VJ dalam pesan singkat kepada KompasTravel, Minggu (26/11/2017).

Seperti diketahui, Bali adalah salah satu destinasi wisata favorit wisatawan Australia. Setiap tahun lebih dari satu juta wisatawan Australia datang ke Bali.

"Kalau asumsi setahun sekitar 1 juta wisatawan Australia ke Bali saja maka setiap hari jumlahnya (yang datang) diperkirakan antara 2.500 sampai dengan 2.700 wisatawan mancanegara ke Bali," ujarnya.

Baca juga : Gunung Agung Kembali Meletus, 4 Penerbangan Maskapai Asing Batal ke Bali

Vincentius mengatakan pembatalan penerbangan dari Australia tersebut merupakan inisiatif dari maskapai sendiri. Kemarin, ada pembatalan tujuh arrival flight di Bali dari Australia yang terdiri dari empat penerbangan dari Jetstar, satu penerbangan KLM, satu penerbangan Qantas dan satu penerbangan Virgin Air.

"Saya yakin tim dari Hospitality Desk di Bali sudah selalu koordinasi dengan pihak Angkasa Pura dan otoritas bandara untuk memantau setiap saat aktivitas Gunung Agung dan kemungkinan dampak yang terjadi," tambahnya.

Gunung Agung kembali meletus pada Sabtu (24/11/2017). Setidaknya ada 16 penerbangan dari empat maskapai batal mendarat dan berangkat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Keempat maskapai tersebut adalah Jetstar, KLM, Qantas dan Virgin Air yang melayani penerbangan rute internasional.

Humas Angkasa Pura I Gusti Ngurah Rai, Arie Ahsanurrohim, mengatakan maskapai-maskapai tersebut membatalkan penerbangan karena kebijakan internal masing-masing. Belum ada larangan terbang yang dikeluarkan. 

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com