Citilink Siapkan Rencana Pengalihan Penerbangan Terkait Erupsi Gunung Agung

Kompas.com - 26/11/2017, 16:05 WIB
Penerbangan Perdana Citilink Rute Baru Halim-Silangit, di Bandara Internasional Silangit, Sumatera Utara, Sabtu (28/10/2017). KOMPAS.COM/Anggita MuslimahPenerbangan Perdana Citilink Rute Baru Halim-Silangit, di Bandara Internasional Silangit, Sumatera Utara, Sabtu (28/10/2017).
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai berbiaya hemat (LCC) Citilink Indonesia menyiapkan rencana pengalihan penerbangan terkait perkembangan aktivitas Gunung Agung di Bali yang dilaporkan mengalami peningkatan sejak Sabtu (25/11/2017).

Vice President Corporate Communication Citilink Indonesia, Benny S Butarbutar mengatakan bedasarkan hasil koordinasi, Citilink Indonesia telah siapkan rencana tanggap bencana. Seperti pengalihan penerbangan yang terganggu asap maupun abu vulkanik Gunung Agung ke beberapa bandara terdekat.

"Jika abu vulkanik tertiup ke arah barat maka penerbangan akan dialihkan ke Lombok dan Kupang. Sedangkan jika angin bertiup ke arah timur maka dialihkan ke Surabaya, Yogyakarta atau Solo," ungkap Benny seperti yang dikutip KompasTravel dari siaran pers, Minggu (26/11).

Baca juga : Gunung Agung Erupsi, Penerbangan Bandara Ngurah Rai Normal

Pengalihan penerbangan ini juga akan disesuaikan dengan kesiapan sejumlah bandara yang dijadikan tujuan pengalihan.

"Kedua bandara, Ngurah Rai Denpasar dan Lombok Praya masih beroperasi secara normal, aman dan lancar. Namun seluruh station pendukung juga sudah stand by jika diperlukan," kata Benny.

Berdasarkan laporan dari pengamatan satelit milik BMKG dan hasil pantauan visual beberapa pilot yang terbang di atas Bali, kondisi Bandara I Gusti Ngurah Rai dan Bandara Lombok Praya saat ini belum terkena dampak peningkatan aktivitas Gunung Agung.

Benny menambahkan, pantauan secara ketat dan kordinasi internal akan terus dilakukan untuk untuk mempersiapkan segala kemungkinan yang dapat terjadi. Pihaknya juga akan mempersiapkan segala rencana yang mungkin terjadi dari berkembangnya status erupsi Gunung Agung.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X