Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asita: Destinasi Bali Masih Banyak, Jangan Hanya Unggah Gunung Agung

Kompas.com - 27/11/2017, 07:09 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) lewat Ketua Umumnya, Asnawi Bahar meminta para pelaku wisata menghentikan unggahan yang bernada negatif tentang Gunung Agung, Bali.

Seperti dalam unggahan Facebooknya yang mengatakan, kepada semua anggota Asita mohon tidak memposting foto-foto Gunung Agung Bali.

"Ini berupa imbauan, saya ingin anggota Asita tidak ikut serta memberitakan hal yang membuat orang takut datang ke Bali," katanya saat dihubungi KompasTravel, Minggu (26/11/2017).

(Baca juga : Tak Perlu Panik Gunung Agung Meletus, Perhatikan 5 Hal Ini)

Ia mengaku imbauan tersebut sudah disampaikan kepada semua grup regional Asita. Dengan ini ia mau menyetop peredaran konten-konten yang bernada negatif terhadap pariwisata Indonesia, khususnya bali.

(Baca juga : Gunung Agung Kembali Meletus, 4 Penerbangan Maskapai Asing Batal ke Bali)

Menurutnya media sosial sangat berperan untuk menakut-nakuti wisatawan untuk takut datang ke Bali. Padahal bali sendiri tidak hanya Gunung Agung, tapi masih banyak pintu wisata yang lain.

"Kita harus berbagai corong, bahwa Gunung Agung hanya bagian kecil dari Bali. Jadi masih banyak daerah lain di Bali yang aman untuk dikunjungi," tegasnya. 

Obyek wisata Pura Ulun Danu, Danau Beratan, Bedugul, Kabupaten Tabanan, Bali, masih menjadi salah satu favorit kunjungan wisatawan domestik dan asing, seperti terlihat pada Kamis (22/12/2016). Pada musim liburan, jumlah kunjungan bisa mencapai 2.000 orang per hari.KOMPAS/AYU SULISTYOWATI Obyek wisata Pura Ulun Danu, Danau Beratan, Bedugul, Kabupaten Tabanan, Bali, masih menjadi salah satu favorit kunjungan wisatawan domestik dan asing, seperti terlihat pada Kamis (22/12/2016). Pada musim liburan, jumlah kunjungan bisa mencapai 2.000 orang per hari.
Ketua perkumpulan yang mewadahi pengusaha atau pelaku usaha di bidang jasa perjalanan wisata di Indonesia tersebut meminta para pegiat wisata lebih menyebarkan berita yang membuat rasa khawatir berkurang.

"Kita harus bicara di media internasional bahwa Bali masih aman untuk dikunjungi dan daerah Indonesia lainnya juga menarik untuk didatangi," kata Asnawi Bahar kepada KompasTravel.

Setelah itu, tinggal menyampaikan kepada mitra, tentang fakta yang aktual tentang Bali and beyond ke seluruh dunia.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com