Kompas.com - 27/11/2017, 07:09 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) lewat Ketua Umumnya, Asnawi Bahar meminta para pelaku wisata menghentikan unggahan yang bernada negatif tentang Gunung Agung, Bali.

Seperti dalam unggahan Facebooknya yang mengatakan, kepada semua anggota Asita mohon tidak memposting foto-foto Gunung Agung Bali.

"Ini berupa imbauan, saya ingin anggota Asita tidak ikut serta memberitakan hal yang membuat orang takut datang ke Bali," katanya saat dihubungi KompasTravel, Minggu (26/11/2017).

(Baca juga : Tak Perlu Panik Gunung Agung Meletus, Perhatikan 5 Hal Ini)

Ia mengaku imbauan tersebut sudah disampaikan kepada semua grup regional Asita. Dengan ini ia mau menyetop peredaran konten-konten yang bernada negatif terhadap pariwisata Indonesia, khususnya bali.

(Baca juga : Gunung Agung Kembali Meletus, 4 Penerbangan Maskapai Asing Batal ke Bali)

Menurutnya media sosial sangat berperan untuk menakut-nakuti wisatawan untuk takut datang ke Bali. Padahal bali sendiri tidak hanya Gunung Agung, tapi masih banyak pintu wisata yang lain.

"Kita harus berbagai corong, bahwa Gunung Agung hanya bagian kecil dari Bali. Jadi masih banyak daerah lain di Bali yang aman untuk dikunjungi," tegasnya. 

Obyek wisata Pura Ulun Danu, Danau Beratan, Bedugul, Kabupaten Tabanan, Bali, masih menjadi salah satu favorit kunjungan wisatawan domestik dan asing, seperti terlihat pada Kamis (22/12/2016). Pada musim liburan, jumlah kunjungan bisa mencapai 2.000 orang per hari.KOMPAS/AYU SULISTYOWATI Obyek wisata Pura Ulun Danu, Danau Beratan, Bedugul, Kabupaten Tabanan, Bali, masih menjadi salah satu favorit kunjungan wisatawan domestik dan asing, seperti terlihat pada Kamis (22/12/2016). Pada musim liburan, jumlah kunjungan bisa mencapai 2.000 orang per hari.
Ketua perkumpulan yang mewadahi pengusaha atau pelaku usaha di bidang jasa perjalanan wisata di Indonesia tersebut meminta para pegiat wisata lebih menyebarkan berita yang membuat rasa khawatir berkurang.

"Kita harus bicara di media internasional bahwa Bali masih aman untuk dikunjungi dan daerah Indonesia lainnya juga menarik untuk didatangi," kata Asnawi Bahar kepada KompasTravel.

Setelah itu, tinggal menyampaikan kepada mitra, tentang fakta yang aktual tentang Bali and beyond ke seluruh dunia.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.