Kompas.com - 28/11/2017, 22:05 WIB
|
EditorSri Anindiati Nursastri

KOMPAS.com - Erupsi Gunung Agung membuat kepulangan wisatawan dari Bali tertunda. Meski begitu, bukan berarti wisatawan jadi tak bisa beraktivitas. Masih banyak daerah di Bali yang aman untuk dikunjungi. Anda juga masih bisa berwisata kuliner di Pulau Dewata.

Berikut lima restoran dan kafe yang bisa jadi opsi wisata kuliner selama berada di Bali. Semua tempat ini terkenal dan legendaris, bahkan di kalangan warga Bali sendiri.

1. Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Bagi pecinta kuliner pedas, bebek atau ayam betutu adalah makanan khas Bali yang sayang untuk dilewatkan. Salah satu daerah yang terkenal akan kuliner betutu adalah Gilimanuk.

Baca juga : Ayam Betutu Khas Gilimanuk, Pedasnya Bikin Nangis

Betutu pada dasarnya adalah hidangan bebek atau ayam yang diungkep dengan bumbu dapur seperti jahe, lengkuas, kunyit, kencur, bawang, daun jeruk, dan yang paling utama adalah cabai rawit. Kerap disebut sebagai bumbu genep, bumbu dasar masakan Bali. Salah satu restoran yang terkenal akan masakan betutu adalah restoran Ayam Betutu Khas Gilimanuk.

Restoran ini memiliki enam cabang di Pulau Dewata yakni di Jalan Raya Tuban, Jalan Raya Kuta, Jalan Merdeka, Jalan Raya Kediri, Jalan Buluh Indah, dan Jalan Raya Denpasar. Jika tak terlau kuat pedas, bisa mencoba betutu goreng. Namun untuk rasa yang lebih autentik cobalah betutu kuah.

2. Nasi Ayam Ibu Oki

Nasi ayam yang satu ini tenar di kalangan wisman maupun wisnus. Sebab rasanya yang autentik Bali dengan lauk daging ayam suwir, sate lilit, telur pindang, dan jukut urab (sayuran). Kaya rempah dan bumbu, serta bercita rasa pedas!

Mantapnya lagi, konsumen dapat memimilih tingkat kepedasan dari tidak pedas, sedang, sampai pedas di Waung Nasi Ayam Ibu Oki. Tempat makan ini terletak di Jalan Siligita Nomor 27, Nusa Dua dan daerah Jimbaran.

3. Gusto Gelato

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.