Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Panduan Lengkap Transportasi Menuju Banda Neira

Kompas.com - 29/11/2017, 13:22 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banda Neira sudah lama menjadi destinasi incaran bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara. Namun untuk menuju daerah kepulauan yang terletak di Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku ini memang cukup menantang.

Pilihan transportasi yang terbatas serta informasi resmi di internet yang masih sedikit membuat wisatawan urung ke sana.

Berikut adalah panduan transportasi menuju Banda Neira yang dirangkum oleh KompasTravel saat bepergian pada November 2017.

(Baca juga : Empat Desinasi Wajib Dikunjungi Pelancong di Banda Neira)

Perlu diingat bahwa jadwal transportasi menuju Banda Neira dapat mengalami perubahan. Cek kembali, karena transportasi menjadi kunci penting untuk bepergian ke surga sejarah dan bahari Indonesia ini:

1. Penerbangan Menuju Ambon

Ambon, ibu kota Provinsi Maluku merupakan gerbang menuju Banda Neira, sebelum melanjutkan dengan moda transportasi lain. Ada banyak maskapai yang melayani penerbangan ke Ambon seperti Garuda Indonesia, Citilink, Batik Air, Lion Air, dan Sriwijaya Air.

Harga tiket dari Jakarta menuju Ambon dihargai mulai Rp 1 juta dengan jarak tempuh penerbangan langsung sekitar tiga jam. Rata-rata penerbangan melakukan transit di Makassar, Sulawesi Selatan.

2. Penyeberangan Menuju Banda Neira

Banda Neira adalah salah satu pulau di Kepulauan Banda, Maluku Tengah. Menjadi pulau paling ramai dengan pusat administratif dan juga berlabuh moda transportasi massal seperti pesawat dan kapal laut.

Wisatawan domestik dan luar negeri turun dari kapal Express Bahari 2B di Banda Neira, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Senin (6/4/2015). Express Bahari 2B melayani Rute Ambon-Banda Neira setiap Senin, Rabu dan Jumat.KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Wisatawan domestik dan luar negeri turun dari kapal Express Bahari 2B di Banda Neira, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Senin (6/4/2015). Express Bahari 2B melayani Rute Ambon-Banda Neira setiap Senin, Rabu dan Jumat.
Untuk menuju Banda Neira dari Ambon ada tiga alternatif moda transportasi, seperti berikut:

-Pertama yang paling mudah adalah menumpang kapal cepat Express Bahari dari Pelabuhan Tulehu yang berjarak satu jam berkendara dari pusat Kota Ambon.

Saat berita ini diturunkan jadwal kapal cepat Express Bahari dari Pelabuhan Tulehu menuju Banda Neira adalah Selasa dan Sabtu pukul 09.00 WIT. Sedangkan dari Banda Neira menuju Pelabuhan Tulehu adalah Rabu dan Minggu pukul 09.00 WIT.

Perjalanan ditempuh dalam enam sampai tujuh jam. Harga tiket kelas biasa Rp 410.000 dan VIP 650.000. Tiket dapat langsung dibeli pada hari keberangkatan di loket pelabuhan. Kapal ini dapat menampung sekitar 300 penumpang.

Loket pembelian tiket kapal cepat di Pelabuhan Banda Neira.Kompas.com/Silvita Agmasari Loket pembelian tiket kapal cepat di Pelabuhan Banda Neira.

-Alternatif kedua menumpang Kapal Pelni, seperti Kapal Nggapulu atau Kapal Leuser. Jadwal keberangkaan kapal dan pemesanan tiket kapal dapat diakses di situs remi pelni www.pelni.co.id atau hubungi kontak resmi Pelni di 021-162.

Umumnya jadwal keberangkatan Kapal Pelni baru beredar satu bulan sebelum keberangkatan kapal. Harga kelas ekonomi dari Ambon menuju Banda Neira dengan Kapal Leuser dihargai Rp 105.000 per orang dan perjalanan ditempuh dalam 10-12 jam perjalanan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com