Kompas.com - 29/11/2017, 22:05 WIB
|
EditorSri Anindiati Nursastri

KOMPAS.com - Lebih dari 16 tahun presenter, penulis buku, dan pemerhati kuliner Bondan Winarno mencicipi ragam kuliner Indonesia. Kelezatan masakan Nusantara memang tak perlu diragukan. Namun, Anda perlu berhati-hati agar makanan yang dikonsumsi tidak berpengaruh buruk terhadap kesehatan.

Bondan pernah berujar kepada Kompas.com, ''Saya tidak pernah pantang makanan. Apa yang ada di depan mata, saya pasti makan. Kalau dipikir-pikir, ini tidak boleh, itu tidak boleh, akhirnya kita tidak jadi makan. Tapi saya punya beberapa cara smart, atau etiket dalam mengkonsumsi makanan."

Berikut simak tips berwisata kuliner agar tetap sehat ala Bondan Winarno.

1. Minum campuran air jeruk nipis dan daun mint

Setelah makan makanan berlemak dan bersantan, cobalah minum satu gelas campuran air jeruk nipis dan daun mint.

Air jeruk nipis memiliki sifat alkaline atau zat asam yang bisa melunturkan lemak dan juga melancarkan kerja lambung yang berat akibat makanan berlemak.

Kuliner khas Toraja, ayam sarre di Toraja Coffee House, Jakarta.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Kuliner khas Toraja, ayam sarre di Toraja Coffee House, Jakarta.

2. Batasan makan seafood

Jika makan seafood terutama udang, batasi maksimal delapan potong per hari. Seafood aman dikonsumsi jika jumlahnya tidak berlebihan.

''Dibandingkan makan kuning telur satu biji atau sepotong hati (ayam), akan lebih baik makan delapan udang. Kolesterolnya tidak sampai seperempat dari sepotong kecil hati ayam, atau setengah kuning telur,'' kata Bondan.

3. Harus tahu apa yang dimakan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.