Bandara Lombok Kembali Ditutup, Penerbangan Dialihkan ke Bali

Kompas.com - 30/11/2017, 12:29 WIB
Sejumlah penumpang tiba di Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat, Selasa (3/10/2017). Jika terjadi bencana erupsi Gunung Agung dan Bandara Ngurah Rai, Bali, tidak bisa beroperasi maka Bandara Lombok menjadi salah satu dari 10 bandara anternatif yang dicanangkan Kementerian Perhubungan sehingga aktivitas wisatawan tetap berjalan lancar. ANTARA FOTO/Wira SuryantalaSejumlah penumpang tiba di Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat, Selasa (3/10/2017). Jika terjadi bencana erupsi Gunung Agung dan Bandara Ngurah Rai, Bali, tidak bisa beroperasi maka Bandara Lombok menjadi salah satu dari 10 bandara anternatif yang dicanangkan Kementerian Perhubungan sehingga aktivitas wisatawan tetap berjalan lancar.
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah sempat dibuka kemarin, hari ini Kamis (30/11/2017) Direktorat Jenderal Perhubungan Udara kembali mengistruksikan penutupan Bandara Internasional Lombok.

Pengumuman tersebut tertuang dalam NOTAM B8909/17 untuk seluruh maskapai di Indonesia terkait penutupan Bandara Internasional Lombok. Dari siaran pers yang diterima KompasTravel, Kamis (30/11/2017,) penutupan dilakukan mulai pukul 10.37 Wita sampai dengan pukul 00.00 Wita.

"Penutupan terkait dengan dampak langsung volcanic ash Gunung Agung di Bali," ujar Israwadi, Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero).

Baca juga : Buktikan Bali Aman, Para Turis Selfie Berlatar Gunung Agung

Ia menambahkan penutupan Bandara Internasional Lombok dilakukan setelah dilaksanakannya rapat kordinasi dengan Otoritas Bandara Wilayah IV, Airlines, Ground Handling, Airnav Indonesia, serta BMKG hari ini.

Dari data VAAC, plotting ASHTAM 30 November 2017 pukul 08.00 WIB menunjukkan sebaran abu vulkanik Gunung Agung mengarah ke arah selatan dan tenggara. Dengan kecepatan sebesar 10 knot dan ketinggian mencapai 210 kaki dari permukaan laut.

"Kami pastinya sudah siap mengantisipasi atas penutupan kembali Bandara Lombok International Airport sesuai dengan Standard Operating Procedure," terang Israwadi.

Baca juga : 5 Destinasi di Bali yang Aman dari Dampak Letusan Gunung Agung

Masyarakat maupun para calon penumpang dapat melakukan komunikasi ke kontak Resmi PT Angkasa Pura I (Persero), dan yang berwenang lainnya.

Berikut kontaknya:

Call Center bandara 172

Posko Layanan Terpadu (0370) 6157000 EXT. 888

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X