Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Lombok Ditutup, 72 Penerbangan Dibatalkan

Kompas.com - 30/11/2017, 19:08 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara Internasional Lombok kembali ditutup sejak Kamis (30/11/2017) pagi mulai 10.37 Wita hingga pukul 24.00 Wita. Akibatnya ada 72 penerbangan dari dan menuju Lombok dibatalkan.

"Rapat dengan stakeholder penerbangan didukung data dari Darwin Volcanic Ash Advisory Center (DVAAC) memutuskan untuk menutup Bandara Internasional Lombok Praya karena area ruang udaranya masih tertutup debu vulkanik. Sebaran debu vulkanik terpantau mengarah ke arah tenggara menyebar dengan kecepatan 10 knots pada ketinggian dari permukaan sampai dengan flight level 21.000 feet,” ungkap Direktur Operasi AirNav Indonesia, Wisnu Darjono dalam siaran pers yang diterima KompasTravel, Kamis.

Baca juga : Bandara Lombok Kembali Ditutup, Penerbangan Dialihkan ke Bali

Dari penutupan bandara tersebut, Wisnu mengatakan dampaknya adalah pada 72 penerbangan yakni enam jalur penerbangan domestik dan dua jalur penerbangan internasional dari dan menuju Lombok.

Adapun pembatalan penerbangan di Bandara Internasional Lombok terdiri dari 34 keberangkatan dan 37 kedatangan. Lebih detilnya yakni maskapai Garuda Indonesia (11 keberangkatan dan 11 kedatangan), Lion Air ( 10 keberangkatan dan 12 kedatangan), Batik Air (4 keberangkatan dan 4 kedatangan), Citilink (3 keberangkatan dan 3 kedatangan), Wings Air (4 keberangkatan dan 5 penerbangan), dan Air Asia ( 2 keberangkatan dan 2 kedatangan).

Selain itu, dua penerbangan menuju Lombok harus kembali ke bandara asal atau mengalami Return to Base (RTB) ke Jakarta, yaitu Lion Air 656 dan Batik Air 6506.

“Pemanduan lalu lintas penerbangan dilakukan sesuai Standard Operation Procedure (SOP) yang berlaku dan menghindari area terdampak debu vulkanik sesuai dengan contingency plan yang telah kami susun,” kata Wisnu.

Baca juga : Buktikan Bali Aman, Para Turis Selfie Berlatar Gunung Agung

Sementara itu, masyarakat maupun para calon penumpang dapat melakukan komunikasi ke kontak Resmi PT Angkasa Pura I (Persero) dan pihak berwenang lainnya.

Berikut kontaknya:

- Call Center bandara 172

- Posko Layanan Terpadu (0370) 6157000 EXT. 888

- Airport Customer Service (0370) 6157000 EXT. 806

- Media Center ?(0370) 6157000 EXT. 615

Pihak Angkasa Pura I menyiapkan Bandara Internasional Juanda Surabaya dan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali yang saat ini sudah beroperasi sebagai bandara alternatif.

"Jadi nanti bagi yang akan menuju Lombok, bisa dialihkan dulu penerbangannya menuju Bali dan Surabaya tersebut," terang Corporate Secretary PT Angkasa Pura I, Israwadi.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com