15 Desember, Air Timor Buka Rute Penerbangan Dili-Kupang - Kompas.com

15 Desember, Air Timor Buka Rute Penerbangan Dili-Kupang

Kompas.com - 01/12/2017, 06:31 WIB
Menyusuri pantai di kota Dili, Timor Leste, Sabtu (13/5/2017).KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Menyusuri pantai di kota Dili, Timor Leste, Sabtu (13/5/2017).

KUPANG, KOMPAS.com – Untuk mendukung pengembangan pariwisata, maskapai penerbangan Air Timor yang berkantor di Dili, Timor Leste, membuka rute penerbangan internasional Dili- Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

General Manager Air Timor, Andisuari Dewi kepada sejumlah wartawan di Kupang, Rabu (29/11/2017) mengatakan, penerbangan itu akan dimulai pada 15 Desember 2017.

Menurut Dewi, penerbangan perdana itu menggunakan pesawat ATR72-600 yang dicarter dari maskapai penerbangan TransNusa.

(Baca juga : Garuda Siap Buka Penerbangan Perdana Kupang-Timor Leste)

Dewi menyebut, penerbangan langsung ini telah ditunggu sejak lama oleh masyarkat Timor-Leste dan mendapatkan dukungan yang sangat baik dari semua tingkat baik dari masyarakat umum maupun dari pihak pemerintah di Timor-Leste.

Penerbangan ini lanjut Dewi, dapat meningkatkan hubungan masyarakat Indonesia dan Timor-Leste, meningkatan potensi pengembangan ekonomi dan mewakili langkah nyata dari hubungan trilateral yang telah berlangsung antara Timor-Leste, Indonesia dan Australia.

Mal di kota Dili, Timor Leste, Sabtu (13/5/2017).KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Mal di kota Dili, Timor Leste, Sabtu (13/5/2017).
“Kita berharap tentunya penerbangan ini akan mempererat hubungan kerja sama antara-tiga negara yang bertetangga ini," ucap Dewi.

(Baca juga : Mimpi Fernando da Silva, Pariwisata Timor Leste seperti Bali)

Dewi menjelaskan, Air Timor telah melakukan negosiasi bersama TransNusa sejak Mei 2017. Setelah itu, dilakukan penandatanganan ikatan kerja sama pada Juni 2017.

"Maskapai Air Timor sudah memperoleh izin prinsip dari pihak Kementerian Perhubungan Indonesia dan izin terbang dari Timor-Leste pada 23 November. Karena itu, Air Timor secara resmi dapat memulai penjualan tiket untuk rute ini," ujarnya.

Menurut Dewi, untuk harga tiket mulai 45 dollar AS ditambah pajak sehingga menjadi 62 dollar AS per penumpang untuk rute Kupang-Dili, dan 60  dollar AS per penumpang untuk rute Dili-Kupang.

"Tiket dapat dibeli melalui website Air Timor, dan agen-agen Dili. Kami mengundang agen yang berada di Kupang untuk menjadi mitra kerja kami,” kata Dewi.

Salah satu sudut Kota Dili, Timor Leste dengan latar belakang laut lepas dan patung Cristo Rei atau yang dalam bahasa Indonesia berarti Kristus Raja. Patung Cristo Rei merupakan salah satu tempat tujuan wisata favorit bagi wisatawan yang datang ke Dili.Kompas.com/Alsadad Rudi Salah satu sudut Kota Dili, Timor Leste dengan latar belakang laut lepas dan patung Cristo Rei atau yang dalam bahasa Indonesia berarti Kristus Raja. Patung Cristo Rei merupakan salah satu tempat tujuan wisata favorit bagi wisatawan yang datang ke Dili.
Kupang-Dili maupun sebaliknya ditempuh hanya selama 50 menit, dibandingkan melalui jalan darat yang membutuhkan waktu lebih dari 10 jam untuk mencapai Dili. "Fasilitas kargo juga disediakan dalam penerbangan Kupang-Dili," kata Dewi.

Di tempat yang sama, Manager Air Timor Station Singapura, Dili, dan Kupang, Rahman mengatakan, penerbangan internasional Dili-Kupang akan semakin mempererat hubungan antara masyarakat Timor Leste dan Indonesia khususnya di Kota Kupang.

Rahman pun berharap kunjungan wisatawan ke destinasi wisata di NTT bisa meningkat.


EditorI Made Asdhiana

Close Ads X