Turis Malaysia Suka Wisata Kuliner saat Liburan ke Aceh

Kompas.com - 01/12/2017, 20:04 WIB
Mi Aceh di Kota Banda Aceh, Aceh, Kamis (30/11/2017). KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJOMi Aceh di Kota Banda Aceh, Aceh, Kamis (30/11/2017).
|
EditorSri Anindiati Nursastri

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Turis Malaysia gemar berwisata kuliner saat liburan ke Aceh. Hal itu diakui oleh beberapa pelaku pariwisata di Aceh, seperti pengusaha kuliner dan operator perjalanan.

Pemilik sebuah warung kopi di bilangan Kota Banda Aceh, Chek Yukee (40) mengatakan berdasarkan pengamatannya, turis Malaysia suka terinspirasi memesan makanan dari rekan perjalanannya. Jika satu orang memesan sebuah makanan, maka lainnya akan turut memesan pula.

"Ada pernah 40 orang Malaysia datang. Dia (satu turis Malaysia) pesan satu, yang lain mau semua," kata Yukee kepada KompasTravel saat ditemui di warungnya, Kamis (30/11/2017).

Baca juga : Jangan Cari Warung Mi Aceh di Aceh, Kenapa?

Menurutnya, turis Malaysia gemar memakan apapun kuliner khas Aceh. Yukee menyebutkan antara lain mi Aceh, kue-kue, hingga minuman, dilahap oleh turis Malaysia.

"Saya belum pernah ditanya terkait masakan halal. Mereka biasanya langsung makan saja," ujarnya.

Pemandu wisata dari operator perjalanan "Keliling Aceh", Hasbi Azhar menambahkan, turis Malaysia biasanya menanyakan status halal bila diajak berwisata kuliner peranakan China. Hasbi mengatakan turis Malaysia pada dasarnya gemar berwisata kuliner dan belanja.

"Dia (turis Malaysia) hampir punya masakan sama seperti kami (Aceh). Sesama rumpun Melayu. Ada masakan yang gak ada (di Malaysia), dia coba makan semua," kata Hasbi kepada KompasTravel pada kesempatan yang sama.

Baca juga : Yuk Cicipi Burger Mesrah Pendopo di Aceh

Menurut Hasbi, turis Malaysia gemar mencoba makanan-makanan khas Aceh. Sepengalamannya memandu turis Malaysia, biasanya mereka suka memesan makanan-makanan khas Aceh.

"Doyan sekali mereka (turis Malaysia). Itulah mereka ciri khasnya. Semua dibilang enak," ujarnya.

Turis Malaysia sendiri merupakan salah satu penyumbang wisatawan terbanyak ke Aceh. Badan Pusat Statistik Provinsi Aceh mencatat kunjungan turis Malaysia ke Aceh pada September 2017 sebanyak 1.888 orang atau meningkat sebanyak 104 orang dibandingkan bulan sebelumnya.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X