Kompas.com - 01/12/2017, 22:06 WIB
|
EditorSri Anindiati Nursastri

BANDA ACEH, KOMPAS.com - "Mi Acehnya, satu ya," mungkin begitu kata pelanggan saat memesan kuliner khas Serambi Mekah yang populer dan tak boleh dilewatkan. Mungkin, kalimat itu bisa disebutkan bila Anda memesan di warung mi aceh di Jakarta atau di luar Aceh. Namun, bagaimana bila Anda memesan di daerah asalnya?

"Kalau ada yang tanya mi aceh di Aceh itu pasti bukan orang Aceh. itu pasti orang luar. kalau orang Aceh pesen ya mi. Tergantung mau mi apa mi goreng, mi rebus," kata pemilik sebuah warung kopi di bilangan Kota Banda Aceh, Chek Yukee saat ditemui KompasTravel, Kamis (30/11/2017) siang.

Biasanya, pelayan warung mi atau warung kopi di Aceh akan langsung menanyakan kepada pengunjung. Yukee menyebut, pelayan akan memberi tiga pilihan mi.

"Ada mi goreng, mi goreng basah, mi rebus. Mi goreng basah agak berkuah. Itu namanya mi tumis," ujarnya.

Baca juga : Jangan Cari Warung Mi Aceh di Aceh, Kenapa?

Pengunjung, menurut Yukee, tak perlu menyebutkan "mi aceh" saat memesan di warung-warung mi atau warung kopi di Aceh. Ia menganjurkan untuk langsung memesan seperti orang lokal.

"Kalau orang Aceh, pesen langsung mi. Ada juga sekarang yang suka pesen mi pakai telur goreng," tambahnya.

Pemandu wisata dari operator perjalanan "Keliling Aceh", Hasbi Azhar mengatakan biasanya di warung-warung mi atau kopi, pelayan langsung menawarkan mi. Tak ada pelayan yang menyebut "mi aceh" ketika akan mencatat pesanan.

"Kalau ada yang bilang 'bang saya pesen mie aceh' nah ini pasti tamu. Gak bisa dibantah," ujar Hasbi kepada KompasTravel sambil tertawa.

Baca juga : Rujak Unik dari Aceh, Berbahan Dasar Batok Kelapa

Penamaan mi aceh untuk warung dan hidangan biasanya digunakan di luar daerah Aceh. Penambahan nama daerah biasanya dipakai sebagai penanda asal kuliner.

Mi aceh sendiri merupakan salah satu kuliner khas yang memiliki bahan dasar mi disajikan dengan taburan acar bawang, emping, potongan mentimun serta irisan jeruk nipis.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.