Kompas.com - 02/12/2017, 21:08 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

SABANG, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta Menteri Pariwisata Arief Yahya mengevaluasi penyelenggaraan Sail Sabang 2017. Kalla menyebut hasil yang diharapkan dari Sail Sabang harus yang terbaik.

"Tentu Menteri Pariwisata harus mengevaluasi hasilnya daripada sail yang telah kita laksanakan tersebut secara baik dan tentu dengan peran penting. Karena itulah maka apa yang telah diharapkan (dari Sail Sabang) betul-betul merupakan atraksi (wisata) yang sebaik-baiknya," kata Kalla saat memberikan sambutan dalam acara puncak Sail Sabang 2017 di Pelabuhan CT-3, Sabang, Aceh, Sabtu (2/12/2017).

(Baca juga : Wapres Hadiri Puncak Sail Sabang 2017)

Sebelumnya, Kalla menjelaskan acara Sail Sabang adalah acara sail yang kesembilan. Awalnya, acara sail dulunya dimulai dari acara para yachter.

Penari menampilkan drama kolosal Laksamana Malahayati saat acara puncak Sail Sabang 2017 di Sabang, Aceh, Sabtu (2/12/2017). Sail Sabang berlangsung hingga 5 Desember 2017.ANTARA FOTO/ZABUR KARURU Penari menampilkan drama kolosal Laksamana Malahayati saat acara puncak Sail Sabang 2017 di Sabang, Aceh, Sabtu (2/12/2017). Sail Sabang berlangsung hingga 5 Desember 2017.
"Sebenarnya sejarahnya adalah Sail Darwin-Ambon, pada awalnya. Secara profesional yacht kecil mengadakan pelayaran ke Darwin-Ambon. Kemudian kita memanfaatkan ide itu menjadi nasional dengan berpindah-pindah ke daerah," katanya.

Kalla mengapresiasi para peserta yacht rally yang berasal dari berbagai negara. Ia menambahkan sejauh ini para pelayar tidak terganggu dalam cuaca apa pun. "Saya menyampaikan penghargaan atas penyelenggaraan Sail Sabang ini," kata Kalla.

Pada acara puncak Sail Sabang, hujan turun dengan deras sejak pagi dan tak berhenti hingga pukul 12.00 WIB. Beberapa acara yang telah dijadwalkan batal terselenggara, seperti aksi akrobatik pesawat Jupiter milik TNI AU.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (tengah) menuruni tangga KRI Bima Suci usai mengunjungi kapal tiang tinggi tersedbut di sela-sela puncak Sail Sabang di Sabang, Aceh, Sabtu (2/12/2017). Sail Sabang merupakan acara sail yang kesembilan akan berlangsung hingga 5 Desember 2017.ANTARA FOTO/ZABUR KARURU Wakil Presiden Jusuf Kalla (tengah) menuruni tangga KRI Bima Suci usai mengunjungi kapal tiang tinggi tersedbut di sela-sela puncak Sail Sabang di Sabang, Aceh, Sabtu (2/12/2017). Sail Sabang merupakan acara sail yang kesembilan akan berlangsung hingga 5 Desember 2017.
Sail Sabang 2017 merupakan acara sail yang kesembilan digelar di Indonesia. Sail Sabang 2017 diselenggarakan pada 28 November sampai 5 Desember 2017.

Beragam acara diselenggarakan untuk meramaikan acara Sail Sabang. Sejumlah kegiatan sebagai acara pendukung juga digelar antara lain Jambore Iptek, International Freediving Competition, Sabang Underwater Contest, Sabang Carnival, Kapal Pemuda Nusantara, Aceh Culinary and Coffee Festival, Sabang Wonderful Expo and Marine Expo, Sales Mission Cruise Operator and Yacht, juga Seminar Wisata Bahari.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.