Memasuki Goa Purba hingga Bertemu Anjing Laut di Semenanjung Tasman

Kompas.com - 04/12/2017, 07:21 WIB
Para wisatawan berkumpul di kantor Tasman Island Cruises, Port Arthur, Tasmania menunggu pemberangkatan tur mengitari Semenanjung Tasman. Kompas.com/Ervan HardokoPara wisatawan berkumpul di kantor Tasman Island Cruises, Port Arthur, Tasmania menunggu pemberangkatan tur mengitari Semenanjung Tasman.
|
EditorI Made Asdhiana

PORT ARTHUR, KOMPAS.com - Tasmania merupakan sebuah pulau jadi rasanya belum afdol jika belum menikmati keindahan perairan pulau yang namanya diambil dari pelaut Belanda Abel Tasman ini.

Kali ini tujuan KompasTravel dan rombongan Dwidaya Tour dibawa tim Tourism Tasmania untuk menikmati perjalanan menggunakan kapal untuk menikmati keindahan wilayah di sekitar Semenanjung Tasman.

Untuk menikmati petualangan itu, maka kami harus menuju ke Port Arthur, sebuah kota kecil di Semenanjung Tasman yang berjarak 90 menit bermobil dari kota Hobart.

Cuaca di pada pagi pertama musim panas di Tasmania itu digelayuti mendung dan diprediksi hujan akan mengguyur beberapa wilayah Tasmania di siang hari.

Baca juga : Di Puncak Gunung Wellington, Cara Menikmati Dua Wajah Kota Hobart

Perjalanan menuju ke Port Arthur berlangsung lancar karena jalan menuju ke kota kecil tersebut amat mulus dan lengang.

Selain itu, kami melintasi beberapa kota kecil yang amat rapi dengan rumah-rumah warga yang dicat beraneka warna di tepian jalan sehingga menyejukkan mata yang sempat lelah dan terkantuk-kantuk.

Tak hanya itu, di beberapa titik pemandangan indah tersaji di hadapan kami. Misalnya saat kami melintas di sebuah tanah genting yang bernama Eaglehawk Neck.

Para wisatawan berjalan kaki menuju dermaga tempat perahu Tasman Cruise ditambatkan.Kompas.com/Ervan Hardoko Para wisatawan berjalan kaki menuju dermaga tempat perahu Tasman Cruise ditambatkan.
Tanah genting sepanjang 400 meter dan lebar sedikit di atas 30 meter itu menghubungkan Semenanjung Tasman, Semenanjung Forestier, dan daratan utama Tasmania.

Mobil yang kami gunakan melintasi jalan raya yang kiri kanannya diapit Teluk Eaglehawk di satu sisi dan Teluk Pirates yang langsung tersambung dengan Laut Tasman di sisi lainnya.

Singkat cerita tibalah kami di Port Arthur dan langsung menuju kantor Tasman Island Cruise, penyelenggara pelayaran yang mengitari Taman Nasional Tasman di Semenanjung Pillar.

Baca juga : Menikmati MONA, Museum Seni yang Bikin Tasmania Dikenal Dunia

Setibanya di sana, puluhan calon peserta perjalanan baik warga lokal maupun wisatawan yang ingin mencoba pejalanan ini.

Setelah mendapatkan pengarahan dari pengola, kami kemudian diarahkan ke dermaga tempat kapal motor yang bisa mengangkut maksimal 43 orang bersandar.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X